Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2023

Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2023
[vc_row][vc_column][vc_column_text]Bandung, Polman Bandung – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei ini merupakan momentum bagi bangsa, rakyat dan negara Indonesia untuk selalu tergerak selalu bangkit dalam bernegara di berbagai bidang untuk menuju kedaulatan Indonesia.  Polman Bandung mengadakan Upacara dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang bertempat di lapangan Rinekawanawaluya.  Direktur Polman Bandung, Mohammad Nurdin, ST., M.AB menjadi pembina Upacara yang dihadiri oleh pegawai dan mahasiswa Polman Bandung.  Tema Harkitnas tahun 2023 ini adalah “Semangat untuk Bangkit”.  Tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun 2023 tersebut dipilih agar Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dapat melambangkan nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit untuk menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.  Adapun tujuan dari peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023 tahun ini, yaitu:

  1. Menumbuhkan semangat dalam memelihara, menumbuhkan, dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam persatuan dan pembangunan.
  2. Menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara.
  3. Mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

Sejarah latar belakang peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tanggal 20 Mei tak lepas dari berdirinya organisasi Boedi Oetomo atau Budi Utomo. Mengutip dari Kemdikbud, Budi Utomo merupakan organisasi pemuda yang dicetuskan pada 20 Mei 1908 silam. Organisasi Budi Utomo itu didirikan oleh Dr. Soetomo dan para mahasiswa sekolah kedokteran STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen). Meski tak langsung terjun ke bidang politik, namun semangat dan pemikiran para anggota Budi Utomo menjadi pemicu perjuangan untuk melepaskan bangsa ini dari penjajahan. Keberadaan organisasi Budi Utomo telah mengubah perjuangan bangsa Indonesia yang awalnya dilakukan secara fisik menjadi perjuangan secara diplomatis. Budi Utomo juga mengubah perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi bersifat nasional. Budi Utomo turut membangkitkan semangat nasional rakyat Indonesia untuk melawan penjajahan demi mencapai kemerdekaan.

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]