Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Gandeng National Taiwan University Hospital Yunlin Branch, FIKES Adakan Kuliah Tamu Gizi dan Keperawatan

Gandeng National Taiwan University Hospital Yunlin Branch, FIKES Adakan Kuliah Tamu Gizi dan Keperawatan
Kuliah Tamu FIKES
Kuliah Tamu FIKES

Sebagai salah satu upaya untuk menguatkan jejaring sekaligus diseminasi ilmu, Fakultas Kesehatan Universitas Brawijaya menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu (Guest Lecture) dengan menggandeng National Taiwan University Hospital Yunlin Branch, Taiwan. Di acara ini, FIKES mengundang 5 pembicara dari National Taiwan University Hospital yang turut hadir dalam mengisi acara guest lecture dengan mahasiswa gizi dan keperawatan, pada Jumat (19/5/2023), dan merupakan kuliah tamu pertama bersama dengan National Taiwan University Hospital sejak Fakultas Ilmu Kesehatan didirikan. 

Selain sebagai ajang untuk berbagi ilmu, kegiatan ini juga dijadikan sebagai ajang mempererat kerjasama dengan pihak National Taiwan University Hospital, serta memperkenalkan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya kepada pihak National Taiwan University Hospital. Fakultas Ilmu Kesehatan mendukung secara aktif dengan mengadakan kegiatan yang mengundang universitas-universitas mitra untuk datang dan memberikan ilmu baru kepada civitas FIKES Universitas Brawijaya.

Kegiatan ini pun dibagi di dua lokasi dalam waktu yang bersamaan. Guest lecture untuk mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi dilaksanakan di Ruang Kuliah 2.1, Gedung Kuliah Faal Lantai 3, Fakultas Kedokteran yang mengusung topik “Nutritional care process/medical nutrition therapy for cardiovascular diseases” dan “Sharing dietitian qualifications, job description, and experience in NTUH and Taiwan” yang dijelaskan oleh RD. Feng-Ching Liao dan RD. Su-Hua Huang dari Dietetics Department of National Taiwan University Hospital.

Sedangkan untuk guest lecture mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan, kegiatan dilaksanakan di Gedung Auditorium lantai 5, Fakultas Ilmu Kesehatan, dengan mengusung topik  “Implementation of patient-centered care in nursing care: challenges and support needed”, “Tailored Nursing Intervention applying technology for cardiovascular disease patients” and “Nursing innovation for infection control in critical care unit: tools and strategies” yang dijelaskan oleh Ms. Ching-Mei Tsai, Ms. Hui-Mei Chen, dan Ms. Tzu-Chi Lin dan satu penerjemah dari Nursing Department of National Taiwan University Hospital. Setidaknya ada 300 mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini.

Diharapkan dalam penyelenggaraan kegiatan guest lecture ini selain mampu memberikan manfaat bagi mahasiswa dan civitas akademika FIKES UB khususnya, juga mampu untuk meningkatkan mutu pelayanan akademik dan publik berkelas internasional, promosi UB dan Malang di kancah internasional, serta mempererat hubungan kerjasama antara FIKES UB dan perguruan tinggi mitra di tingkat internasional.