Rabu, 07 Juni 2023
Perguruan Tinggi

Rekatkan Silaturahmi Antar Alumni, IKA UB Jatim Gelar Cangkruk

Rekatkan Silaturahmi Antar Alumni, IKA UB Jatim Gelar Cangkruk

Ikatan Alumni (IKA) Universitas Brawijaya (UB) Jatim menggelar Temu Kangen Cangkruk Bareng Kera UB di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya Minggu (21/5/2023).

Mengusung tema Kadit Oke, Kadit Lanek, kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa Dr. Setiawan Noerdajasakti, SH., MH.

Dalam pemaparannya, Setiawan mengatakan tujuannya datang pada kegiatan tersebut dalam rangka mensosialisasikan perkembangan universitas dan program-program yang sangat membutuhkan peran alumni. Menurutnya, apapun kegiatan universitas perlu mendapatkan peran alumni.

“UB sekarang sudah menjadi World Class University. Sudah banyak program studi yang mempunyai akreditasi internasional antaralain dari lembaga AQAS, AUNQA, ASIIN, dan ABBEST. Sehingga secara nasional UB sudah unggul,”katanya.

Dia menambahkan, dengan akreditasi internasional yang telah diraih UB, maka alumni-alumni yang barusan lulus harus tetap dipantau melalui sebuah sistem bernama Tracer Study.

“Harus tetap dipantau dimana para alumni tersebut bekerja ataukah melanjutkan  belajar atau berwirausaha,”katanya.

Salah satu Alumni UB yang menjadi Kepala Bappeda Jawa Timur Mohammad Yasin mendukung penuh kegiatan silaturahmi seperti temu kangen, karena bermanfaat untuk terus merekatkan persaudaraan antara IKA UB.

Ketua Pelaksana Temu Kangen IKA UB Henny Dwi Ferita menjelaskan tujuan dari kegiatan ini sebagai ajang kolaborasi antar alumni dari angkatan lama hingga mahasiswa UB yang baru lulus.

“Ini meningkatkan persaudaraan, kekeluargaan dan rasa empati atas kebermanfaatan.Selain itu ada harapan adanya kolaborasi dari berbagai fakultas, pemerintahan, dan LSM,” ujarnya.

Henny berharap adanya kegiatan ini memiliki jaringan yang kuat dari mulai alumni lama hingga alumni UB yang baru. Acara ini diisi dengan talkshow dari alumni yang berhasil mendirikan bisnis atau memiliki posisi yang tinggi di perusahaan.

“Memberi peluang bagi adik-adik, ada jaringan kuat supaya ada kesinambungan yang tidak terputus,” papar Alumni UB tahun 1984.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh alumni UB mulai tahun 1984 hingga 2017 mengenai tema Temu Kangen Cangkruk Bareng tahun ini, Henny menjelaskan arti dari tema Kadit Oke, Kadit Lanek yang memiliki arti jika tidak datang maka tidak kenal.

Salah satu Alumni yang datang Tjandra Purnama Edi dari Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 1988, mengaku sangat terharu karena banyak alumni yang antusias hadir.

Acara Temu Kangen Cangkruk Bareng Kera UB ini diisi dengan Stand Up Comedy dari Rayhan Satrio Handoyo. Selanjutnya diisi dengan acara talkshow dari jajaran Warek ditutup dengan pertukaran gelang terbuat dari kulit bertuliskan Ayas Kera UB dan menyanyikan lagu Tulus berjudul Manusia Kuat dan diputarnya foto-foto saat berkuliah di UB. (*/Humas UB)