Kamis, 28 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Kepala MAN 2 Sleman Hadiri Pembukaan Perkasisma III Tahun 2023

Kepala MAN 2 Sleman Hadiri Pembukaan Perkasisma III Tahun 2023

Sleman (MAN 2 Sleman)- Kepala MAN 2 Sleman turut hadir menyaksikan pembukaan Perkemahan Siswa Madrasah (Perkasisma) pada hari Senin (22/5/2023) sore. Kegiatan ini digelar di Bumi Perkemahan Memorial Camp, Sentolo, Kulon Progo hingga Rabu (24/5/2023). 

Di buka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Dr. Masmin Afif ditandai dengan memukul kentongan pada pembukaan Perkasisma III DIY Tahun 2023. Dihadapan 544 peserta, Kakanwil ingatkan untuk terus belajar tanpa henti. “Carilah ilmu setinggi-tingginya, sebab sebagaimana janji Allah SWT, orang yang beriman dan memiliki ilmu akan ditinggikan beberapa derajat," ungkap Kakanwil.

Menurutnya, yang tidak kalah pentingnya adalah menerangi hati dengan jalan menjauhi maksiat. "Sebab ilmu adalah nur (cahaya), ia tidak akan masuk ke dalam hati yang pekat, kotor, penuh debu akibat perilaku yang keluar dari koridor syariat agama," pesan Kakanwil.

Selain mencari ilmu setinggi-tingginya dan menjauhi maksiat, tambahnya, juga selalu hormati dan takdzim kepada orang tua dan para guru. "Ketakdziman inilah yang akan membuat ilmu menjadi barokah, bermanfaat dalam episode kehidupan yang akan datang," pungkas Kakanwil.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Perkasisma III yang juga Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Abd. Suud menjelaskan ajang ini diikuti 43 MA se-DIY. "Rinciannya diikuti 35 Sangga Putra dan 32 Sangga Putri," jelas Suud seraya menyebut tema yang diusung Perkasisma “Mewujudkan Generasi yang Mandiri, Moderat dan Berprestasi”.

Ditambahkan, pada ajang ini digelar 10 lomba yakni membuat penjot, video reels, komunikasi lapangan, bivak, masak rimba, pionering, pertolongan pertama, kaligrafi, poster dan pentas seni. 

Pada Kesempatan yang sama, Kepala MAN 2 Sleman H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd menyampaikan, “Kegiatan Perkasisma ini sangat bermanfaat untuk melatih siswa memiliki mental yang kuat, disiplin, rasa nasionalisme serta cinta tanah air, semoga dengan dibukanya kegiatan ini dari awal hingga akhir bisa berjalan lancar serta selalu diberikan kesehatan untuk seluruh peserta dan pendamping.” (Qoma)