Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Irjen Kemenag RI Pantau Kemajuan PPH Kantin Madrasah

Irjen Kemenag RI Pantau Kemajuan PPH Kantin Madrasah

Sleman (MAN 2 Sleman)- Hari Sabtu (20/05/2023) utusan Inspektorat Jendral Kemenag RI berkunjung ke MAN 2 Sleman. Tujuan tim tersebut ke MAN 2 Sleman adalah memantau perkembangan pendampinhan produk halal dari kantin madrasah. 

Kepala MAN 2 Sleman H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., menyambut baik kedatangan Irjen, “Kami dari MAN 2 Sleman tentu saja akan mendukung apa yang menjadi program Kemenag RI begitu pula dengan program sertifikasi halal yang menjadi program prioritas.” 

PPH MAN 2 Sleman dihadiri oleh Kepala Tata Usaha, Sri Wulandari, S.E., M.M, Waka Humas, Dra. Siti Zubaidah dan beberapa guru Haryanto, M.Pd., Muhammad Husein, S.Pd., Nur Widayati, S.Pd., M.Sc., Retno Sundari, M.Pd., Sari Dwi Hartiwi, S.S., dan Nurul Latifah Fauziyah, S.Pd. Hadir pula utusan dari MAN 4 Sleman dan MAN 3 Sleman untuk melaporkan dan berkonsultasi terkait Kantin Halal Madrasah. 

Purnomo Wiryo Saputro selaku pengendali teknis Irjen Kemenag mengungkapkan, “Kami hadir disini untuk mendampingi pendamping Produk Halal. Target dari Kemenag sampai 2024 ada 10 juta sertifikat halal dan untuk tahun 2023 targetnya adalah 1 juta sertifikat halal. Harapannya kantin bisa jadi penyumbang sertifikat halal, dengan tidak beragam makanan. Selain itu kami juga mengawal efisiensi dan percepatan sertifikat halal dan mengawasi ketersedian anggaran.”

Kegiatan dilanjutkan dengan konsultasi antar madrasah dengan tim dari Irjen Kemenag yaitu Nurbani Amin. Sri Wulandari Kepala TU MAN 2 Sleman yang mewakili MAN 2 SLEMAN memaparkan progres kantin sertifikasi halal MAN 2 Sleman.

“Proses kantin halal MAN 2 Sleman sudah sampai pada penerbitan NIB, kendalanya dari para pedagang yang menitip karena masih dalam skala kecil mereka kesulitan mengurus NIB dan juga kurangnya motivasi,” tuturnya.

Begitu juga dengan perwakilan MAN 3 Sleman dan MAN 4 Sleman mereka mengungkapkan perkembangan dan kendala masing-masing. Hasil konsultasi tersebut adalah mendapatkan masukan untuk hal-hal apa saja yang harus dilakukan. 

Selain itu Tim dari Irjen Kemenag RI juga meninjau kantin MAN 2 Sleman untuk mengetahui motivasi pedagang kantin terkait sertifikasi produk halal. (Latifah/Qoma)