Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMA Muhiska Workshop Menjadi Guru Kreatif yang Diidolakan Siswa di Era Digital.

Senin, 22 Mei 2023. SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Penyusunan KOS dan Perangkat Ajar Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan diikuti oleh seluruh guru SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

Materi workshop pertama disampaikan oleh Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd. dengan materi Menjadi Guru Kretif yang Diidolakan Siswa di Era Digital. “Guru merupakan bagian integral dari sumberdaya pendidikan yang SANGAT MENENTUKAN keberhasilan sebuah pendidikan.Sebagai salah satu sub komponen dalam pendidikan, khususnya komponen pendidik dan tenaga kependidikan, guru merupakan sebuah KUNCI dalam melakukan peningkatan mutu pendidikan.Karena itu, posisi mereka berada di TITIK SENTRAL dari setiap usaha reformasi pendidikan yang diarahkan pada perubahan-perubahan kualitatif.”

Menurut beliau “Sosok guru Ideal adalah Memiliki kompetensi Pedagogik yang dinamis. Artinya, dalam menjalani pengelolaan pembelajaran peserta didik, seorang guru harus memiliki keterbukaan terhadap teknik & metode pembelajaran.Memiliki kompetensi Profesional yang progresif. Artinya, dalam melaksanakan profesinya seorang guru harus meningkatkan kemampuannya dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan budaya yang diampunya.”

Memiliki kompetensi Kepribadian yang kian matang. Artinya, dalam melaksanakan tugas kesehariannya, seorang guru harus secara aktif, mandiri, dan berkelanjutan mengembangkan kepribadiannya menuju terwujudnya pribadi paripurnaMemiliki kompetensi Sosial yang efektif Artinya, dalam melaksanakan pergaulan sehari-hari, seorang guru harus terus-menerus mengasah kecakapan sosialnya di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat

Beliau memberi tip menjadi guru kreatif yang menginspirasi, menggerakan dan meneladani di era digital. Guru kreatif adalah yang cekatan, respect, empati, aktif, teladan, inspiratif, visioner dan energik

Bagaimana agar Mengajar Terasa Ringan dan Menyenangkan?

  1. Berangkat dari panggilan Iman.Jika IMAN telah menggerakkan kehidupan para guru, harapan akan lahirnya sistem pendidikan yang baik akan muncul
  2. Tentukan arah hidup.
  3. Kuat memegang prinsip.
  4. Miliki ketenangan dan kesabaran.
  5. Percaya diri
  6. Miliki Benteng diri.
  7. Carilah pembimbing.
  8. Bangunlah kompetensi (Kepribadian- Pedagogik- Profesional- Sosial)

Materi selanjutnya disampaikan oleh Drs. H. Joko Riyanto, SH, MM, MH membahas tentang Peningkatan Pemberdayaan Manusia. Menurut beliau “Kunci Peningkatan pemberdayaan Manusia adalah Kerja sama, semua TIM harus satukan visi untuk wujudkan cita-cita Bersama.”.

Adapun Kunci Keberhasilan TIM meliputi:

  1. Berpenampilan menarik: wajah berseri-seri, selalu tersenyum, inner beauty
  2. Komunikasi bagus: jelas, pesan tersampaikan dengan tepat, menyejukkan, memotivasi, dan memberikan inspirasi.
  3. Semua aktivitasnya dilakukan dengan sepenuh hati.
  4. Pelayanan maksimal: peduli dan proaktif
  5. Membangun Kerja sama sinergis antar lembaga

Materi KOS dan Perangkat Ajar  Tahun Plajaran 2023/2024 disampaikan oleh Siti Nur Jannah, S,Pd. Selanjutnya peserta menyelesakan tugas Perangkat Ajar untuk kelas X, XII dan XII yang semuanya menggunakan Kurikulum merdeka dengan Fase E dan F. Kurikulum telah menyiapkan format sehingga bapak ibu guru menyesuaikan seperti yang dikehendaki oleh Kurikulum.

Semoga Bapak Ibu guru SMA Muhammadiyah 1 Surakarta diberi kekuatan dan kesehatan sehingga dapat menyelesaikan tugas-tugasnya.