Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

SMK NEGERI 1 TASIKMALAYA GO INTERNASIONAL

SMK NEGERI 1 TASIKMALAYA GO INTERNASIONAL

 

Membuka Kelas Internasional bersama TOKYO BISO KOGYO CORPORATION

Tokyo, 18 Januari 2023

SMKN 1 Tasikmalaya sebagai SMK Pusat Keunggulan, benar-benar ingin mewujudkan salah satu keunggulannya yaitu SMKN 1 Go Internasional. Berbagai langkah komunikasi terus dijalin dengan berbagai mitra baik Lembaga pemerintah maupun swasta. Tahapan yang dilaksanakan oleh SMKN 1 diantaranya adalah secara intensif melakukan komunikasi dengan PT. Liana Segrus Indonesia yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan dan penempatan tenaga kerja terdidik/siap kerja untuk negara Jepang. Sebagai wujud kerjasama tersebut SMKN 1 Tasikmalaya telah menyepakati kerjasama dalam bentuk MoU kedua belah pihak.

Selanjutnya pada bulan Agustus 2022, Kepala SMKN 1 Tasikmalaya, DR. H. Wawan, S.Pd., MM. bersama Wakil Gubernur Jawa Barat, Bapak Uu Ruzhanul Ulum melakukan kunjungan ke Jepang dengan agenda program peningkatan kesempatan penyerapan lulusan

SMK di Jawa Barat untuk bekerja di Jepang.

Hasil dari kunjungan resmi tersebut, pada tanggal 5 Agustus 2022, Presiden Direktur PT. Liana Segrus Japan yaitu Mr. Kazuya Yamanouchi atau sapaan akrab nya Mr. Pocky San, berkunjungn ke Indonesia dan langsung melihat kondisi sumber daya dan fasilitas yang dimiliki oleh SMKN 1 Tasikmalaya.

Selanjutnya hasil kunjungan tersebut dijadikan dasar dalam pembahasan agenda berikutnya di Tokyo dengan jajaran Manajemen Perusahaan yang bermitra dengan PT. Liana Segrus Japan.

Hasil dari pembahasan tersebut, pada tanggal 22 November 2022, Delegasi Perusahaan di Jepang yaitu General Manager dan HRD Manager TOKYO BISO KOGYO CORPORATION bersama Presiden Direktur PT. Liana Segrus Japan, berkunjung ke SMKN 1 Tasikmalaya.

Kunjungan tersebut pastinya untuk melihat langsung kesiapan yang dimiliki oleh SMKN 1 Tasikmalaya dalam mewujudkan kerjasama kedua belah pihak.

Selanjutya sebagai bukti kesiapan SMKN 1 Tasikmalaya dalam program kerjasama dengan Tokyo Biso Kogyo Corporation,

SMKN 1 Tasikmalaya mengutus delegasi nya yaitu Wakasek Kurikulum dan Wakasek Humas/Hubin untuk berkunjung ke Tokyo Biso Kogyo Corporation Jepang, untuk lebih intensif membahas kerjasama pendidikan antara kedua belah pihak. Point utama hasil kunjungan tersebut adalah SMKN 1 Tasikmalaya mendapat kuota sebanyak 25 orang perempuan untuk dijadikan Kelas Internasional dengan nama “Tokyo Biso Class”

Selanjutnya sebagai tahap awal kerjasama ini, pihak perusahaan meminta 2 orang guru SMKN 1 Tasikmalaya untuk melaksanakan Magang di Jepang selama 1 bulan untuk menyusun kurikulum bersama dan melatih kompetensi yang akan diajarakan kepada peserta didik.

Selanjutnya peresmian dan penandatanganan MoU antara SMKN 1 Tasikmalaya dengan Tokyo Biso Kogyo Corporation akan dilaksanakan pada minggu ke-4 Maret 2023 di SMKN 1 Tasikmalaya.

Sebagai sekolah BLUD, SMKN 1 Tasikmalaya terus meningkatkan layanan pendidikan kepada peserta didik, sebagai konsekuensi diterapkannya Pergub Nol. 77 Tahun 2022 tentang Layanan Pendidikan.

(humas/hubin 2023)