Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Dosen Unimed Lakukan PKM Bertajuk Pemanfaatan Chatbot Whatsapp Berbasis AI

Dosen Unimed Lakukan PKM Bertajuk Pemanfaatan Chatbot Whatsapp Berbasis AI

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di kelurahan Jati Makmur, kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai pada Selasa (23/05/2023). Kegiatan ini bertajuk Pemanfaatan Chatbot Whatsapp Berbasis Artificial Intelligence (AI) Untuk Peningkatan Layanan Informasi Kepada Masyarakat. Program kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dosen Unimed yang diketuai Dr. Hermawan Syahputra, M.Si dan beranggotakan Prof. Dr. Martina Restuati, M.Si, Ahmad Andi Solahuddin, MT, Dedy Kiswanto, M.Kom dan didampingi 5 orang mahasiswa prodi Ilmu Komputer dengan tujuan membantu mitra dalam meningkatkan kemampuan SDM kelurahan Jati Makmur Binjai Utara dalam mengembangkan pelayanan informasi secara realtime sehingga meningkatkan layanan informasi bagi masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perangkat kelurahan, kepala lingkungan serta beberapa warga kelurahan Jati Makmur kecamatan Binjai Utara.

Kegiatan ini dilaksanakan didasarkan pada permasalahan yang sering dihadapi masyakarat yakni masih belum maksimalnya pelayanan yang diberikan aparat kelurahan kepada masyarakat. Fakta yang terjadi di lapangan terkadang dalam pengurusan administrasi, masyarakat masih mengeluh pelayanan yang lambat dan tidak informatif. Banyak ditemukan masyarakat yang akan melakukan pengurusan adminitrasi harus kembali lagi dikarenakan tidak lengkapnya berkas yang dibawa.  Sebagai contoh jika ada seorang warga akan mengurus surat domisili, maka syarat yang harus dilengkapi adalah Surat pengantar dari Kepling, Photocopy KTP, serta Photocopy KK. Hal ini disebabkan karena ketidaktahuan warga terkait informasi persyaratan layanan yang dibutuhkan.

Pemateri pertama disampaikan oleh Dr. Hermawan Syahputra, M.Si yang menjelaskan tentang apa itu Artificial intelligence (kecerdasan buatan) beserta aplikasinya di dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelurahan jati makmur binjai utara maka perlu dikembangkan inovasi layanan informasi kepada masyarakat tanpa dibatasi waktu atau dapat melayani kebutuhan masyarakat selama 24 jam secara otomatis. Untuk itu, aparat kelurahan perlu dibekali dengan pemanfaatan teknologi chatbot berbasis AI dibarengi dengan pemahaman masyarakat dalam memanfaatkan teknologi tersebut dalam menjawab kebutuhan mereka secara cepat. Selanjutnya, pemanfaatan chatbot AI oleh aparat kelurahan dan masyarakat untuk layanan informasi disampaikan oleh Dedy Kiswanto, M.Kom.

Pada akhir kegiatan, tim dosen pengabdian dari Unimed menyerahkan produk aplikasi chatbot AI yang sudah terhubung ke dalam server yang telah disewa, sebuah handpone beserta kartu perdana sebagai perangkat komunikasi di dalam chatbot serta standbanner informasi layanan 24 jam.(Humas Unimed)