Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Tim Smarc UNDIP Sabet Medali Perunggu di Istanbul International Invention Fair 2023

Tim Smarc UNDIP Sabet Medali Perunggu di Istanbul International Invention Fair 2023

Mahasiswa Universitas Diponegoro kembali menorehkan prestasi Internasional. Pada 27 April – 1 Mei 2023, mahasiswa yang tergabung dalam tim Smart Material Research Center (Smarc) mengikuti Istanbul International Invention Fair (ISIF) dan berhasil mendapat penghargaan Bronze Medal dalam kategori Riset Rekayasa Material Medis. ISIF sendiri merupakan pameran teknologi tertua dan terbesar di Turki sejak 2016, dimana tiap tahun event ini diikuti lebih dari 50 negara yang mengirim karya terbaiknya.

Acara yang diselenggarakan oleh Kantor Paten dan Merek Turki (TURKPATENT) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memamerkan inovasi mereka dalam bidang sains dan teknologi. Ajang bergengsi dengan skala internasional tersebut menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menuangkan inovasinya dalam bidang sains dan teknologi. Tujuan event ini adalah untuk menarik penemuan-penemuan dengan inovasi terbaru. Peserta yang hadir meliputi kalangan perguruan tinggi, lembaga penelitian, individu, hingga perusahaan dari berbagai belahan dunia.

Dalam acara global ini, Bryant Andhika Prayoga (Mahasiswa S1 Kimia 2020), Rosyadatul Khoiriyah (Mahasiswa S1 Fisika 2020), dan Avita Khilyatu Hafni (Mahasiswa S1 Fisika 2020 – Ketua Tim) mewakili tim yang beranggotakan lengkap Bryant Andhika P, Abdurrahman Zakki, Brainy Happy Ana T, Roni Adi Wijaya, Rosydatul Khoiriyah, Idhiyani Murounaky, dan Aura Herdi R Sutanto (Kedokteran Umum Undip) membawakan tema ilmiah yang berjudul “Radiosprotector Innovation For Eye And Genital Lens Based On Silicone Rubber-Lead (SR-Pb) As A Solution For Radio Therapy Side Effects” yang dibimbing oleh Prof. Dr. Heri Sutanto, S.Si., M.Si., F.Med. Mereka menyajikan metode yang efektif untuk mengobati sel kanker, ginjal, kelamin, dan organ Scanner Tomografi Komputasi (CT scan). Delegasi Undip berhasil meraih tempat ketiga, mengalahkan ratusan peserta dari 30 negara. (LW-Humas)

 

Berita terkait: https://kimia.fsm.undip.ac.id/id/2023/05/mahasiswa-kimia-dari-universitas-diponegoro-memimpin-tim-dan-meraih-peringkat-ketiga-di-istanbul-international-invention-fair-2023/