Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

SMP N 20 SURAKARTA IKUT SERTA DALAM LOMBA KRENOVA 2023

SMP N 20 SURAKARTA IKUT SERTA DALAM LOMBA KRENOVA 2023

Alhamdulillah, SMP N 20 Surakarta ikut serta dalam Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2021. Krenova merupakan ajang tahunan Bappeda Kota Surakarta dan pada tahun 2021 diikuti oleh tim dari SMP dan SMA.

KIPERA merupakan inovasi alat pengusir hama burung dengan tenaga angin untuk menjaga hasil panen tanaman padi. Pembuatan dan penggunaannya yang mudah diharapkan dapat menjadi solusi serangan hama burung bagi petani.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyediakan berbagai fasilitas pendampingan agar kreator atau inovator terbaik mendapatkan pendanaan hingga mampu memasarkan produknya.
Krenova Kota Solo tidak diselenggarakan pada 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19. Selanjutnya Krenova Kota Solo kembali digelar pada tahun lalu.
Balitbangda Kota Solo ingin mendorong warga membuat karya dengan teknologi. Nantinya para pemenang akan diwadahi di Kawasan Sains & Teknologi Kota Solo. Para pemenang tidak hanya diberikan uang serta piagam penghargaan namun difasilitasi dan diberikan pendampingan.
Sejumlah keuntungan bagi para pemenang  Krenova Kota Solo, antara lain pendampingan penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB), business model canvas, pra-inkubasi, komersialisasi, dan pendampingan mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).
Pemenang juga bakal mendapatkan ruang selama dua tahun untuk mengembangkan bisnisnya di Kawasan Sains & Teknologi Kota Solo selama dua tahun. Mereka berpeluang mendapatkan investor yang lebih banyak. Peserta dibagi dua kategori yakni pelajar tingkat SMP sampai SMA atau sederajat di Kota Solo dan warga dengan KTP Kota Solo.
Kategori yang dilombakan mengacu pada kearifan lokal Kota Solo, antara lain pertanian dan pangan, energi, kesehatan, pendidikan, teknologi informasi, dan industri kreatif.