Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Psikopala SCU Beri Pelatihan Pada Anggota Baru Lewat Diklat VI

Psikopala SCU Beri Pelatihan Pada Anggota Baru Lewat Diklat VI

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam Fakultas Psikologi Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Unika Soegijapranata, Psikopala, menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklat) sebagai wadah bagi para calon anggota dan pengurus baru UKM Psikopala dalam memperluas dan menerapkan materi dan ilmu yang didapatkan serta menumbuhkan jiwa loyalitas antar anggota, khususnya para anggota baru.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 11 Februari-7 Maret 2023 lalu ini terbagi menjadi tiga rangkaian kegiatan. Kegiatan pertama adalah Pra Pendidikan Dasar yang dilaksanakan pada 11-12 Februari 2023 di kawasan Kampus 1 SCU Bendan dan Hutan Tinjomoyo, dilanjutkan dengan Pendidikan Dasar pada 27 Februari-5 Maret 2023 di di kawasan Kampus 1 SCU Bendan dan kaki Gunung Merbabu.

Selama mengikuti kegiatan ini, lima calon anggota serta pengurus baru UKM Psikopala diberikan enam materi khusus, yaitu manajemen perjalanan, seperti packing-unpacking, IMPK dalam bentuk navigasi dan  pengembaraan, survival dalam bentuk food gathering, SRT seperti ascending-descending  & Tree Climbing, serta PPGD & SAR dalam bentuk pencarian dan juga pertolongan pada survivor.

Sebelum ditutup, rangkaian terakhir kegiatan ini adalah kegiatan Pasca Pendidikan Dasar pada 7 Maret 2023 berupa kegiatan mencuci alat dan juga evaluasi kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh anggota UKM Psikopala, baik panitia maupun peserta yang terlibat dalam kegiatan Pendidikan Dasar.

Seluruh kegiatan ini kemudian ditutup dengan pelantikan anggota baru UKM Psikopala. [UKM Psikopala]