Rabu, 07 Juni 2023
Perguruan Tinggi

Peringati Hari Bumi, UKM Pecinta Alam FEB SCU Gelar Plogging

Peringati Hari Bumi, UKM Pecinta Alam FEB SCU Gelar Plogging

Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2023 lalu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Unika Soegijapranata, Mahepala, mengadakan kegiatan plogging, kombinasi dari lari atau jogging dengan memungut sampah yang berserakan di sekeliling lintasan lari atau jogging.

Kegiatan ini merupakan program kerja rutin yang diselenggarakan oleh UKM Mahepala tiap tahunnya untuk memperingati Hari Bumi. Sebelumnya pada Hari Bumi 2022, UKM Mahepala juga sukses menyelenggarakan plogging di Hutan Tinjomoyo, Semarang. Pada tahun 2023 ini, UKM Mahepala kembali menyelenggarakan kegiatan plogging di Pantai Tirang, Semarang.

Dipilihnya Pantai Tirang sebagai lokasi plogging adalah karena pantai ini merupakan salah satu destinasi pantai wisata yang ramai dikunjungi oleh wisawatan baik dari dalam maupun luar Kota Semarang selain Pantai Marina. Memiliki pesisir yang cukup luas, membuat terbatasnya petugas kebersihan yang ditugaskan menimbulkan banyaknya sampah yang tidak terjangkau oleh petugas kebersihan, ditambah dengan banyaknya sampah yang terbawa ombak ke pesisir pantai.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 15 April 2023 lalu ini diikuti oleh 112 peserta yang bukan hanya dari kalangan civitas akademika SCU, melainkan juga masyarakat di luar SCU.

Panitia yang merupakan pengurus dan anggota UKM Mahepala berharap dengan diselenggarakannya kegiatan plogging ini dapat ikut turut membantu mengurangi populasi sampah, khususnya sampah plastik yang masih berserekan di kawasan yang menjadi lokasi kegiatan. Selain itu, kedepannya dapat menumbuhkan perasaan mencintai alam kepada para peserta yang turut berpartisipasi. Orang lain yang melihat juga diharapkan turut menumbuhkan kesadaran ini sehingga dapat berkontribusi lebih jauh dalam menjaga lingkungan dan alam. [UKM Mahepala/David Steven]