Sabtu, 20 April 2024
Bimbingan Belajar

Tingkatkan Mutu Pendidikan, SMP Putri PIAR Gelar Gebyar Literasi

Tingkatkan Mutu Pendidikan, SMP Putri PIAR Gelar Gebyar Literasi

Padang, Ar Risalah – SMP Putri Perguruan Islam Ar Risalah atau SMP Putri PIAR melaksanakan agenda Gebyar Literasi, Selasa (23/05/23). Acara yang diikuti siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Putri PIAR ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswi dalam berliterasi.

Kepala SMP Putri PIAR Ustadz Syatri, S.E., M.Pd mengatakan bahwa berdasarkan survei yang dilakukan PISA (Programme for International Student Assessment) tingkat literasi Indonesia masih rendah. Sehingga, sekolah menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan motivasi literasi generasi muda khususnya bagi para siswi di SMP Putri PIAR. Ustadz Syatri juga mengungkapkan bahwah agenda Gebyar Literasi juga selaras dengan Visi SMP Putri PIAR yaitu menjadi Pemelajar Sepanjang Hayat. Karena kemampuan literasi merupakan dasar untuk belajar sepanjang hayat.

“Siswa atau generasi muda yang mempunyai literasi yang tinggi pasti akan menjadi pemelajar sepanjang hayat” ungkapnya.

Kepala SMP Putri Putri Perguruan Islam Ar Risalah ustadz Syatri, S.E., M.Pd saat memberikan sambutan, Selasa 23 Mei 2023

Kemudian, Ustadz Syatri juga mengatakan, bahwa literasi dilaksanakan di sekolah karena pendidikan dan literasi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan meningkatkan literasi dikalangan siswi disekolah.

“Selain akademik, literasi dan numerasi juga menjadi salah satu fokus pemetaan terhadap mutu pendidikan saat ini oleh Kemendikbud” tutup ustadz Syatri.

Selanjutnya ketua Tim Literasi SMP Putri PIAR ustadzah Ipat Dilah, S.Pd mengatakan kegiatan Gebyar Literasi juga bertujuan untuk melatih kreatifitas, meningkatkan jiwa berkompetisi, serta meningkatkan ukhuwah antar siswi dan guru.

“Kegiatan Gebyar Literasi dimeriahkan dengan lomba membuat puisi, komik, poster, spelling bee, teka teki silang, rangking 1” papar ustadzah Ipat Dilah, S.Pd. (ek)