Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Public Lecture Biology Conservation of Fish Prodi Biologi FST

Public Lecture Biology Conservation of Fish Prodi Biologi FST

Hadirkan Prof Shuichi dari Jepang

MENDALO,- Kamis (18/5) Program Studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi melangsungkan kuliah umum di Aula LPPM Universitas Jambi bertajuk Biology Conservation of Fish dengan mengundang peneliti sekaligus dosen dari Universitas Gifu Jepang yaitu Prof. Shuichi Matsumura. Kedatangan Prof. Shuichi Matsumura disambut oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Bapak Drs. Jefri Marzal, M.Sc., DIT. Jajaran Dosen Program Studi Biologi dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Jambi Bapak Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc. yang sekaligus membuka kegiatan kuliah umum.

Kedatangan Prof. Shuichi Matsumura ini diagendakan secara khusus untuk memberikan kuliah umum mengenai Introduction to Fish Conservation Genetics. Kegiatan ini berlangsung dengan pembahasan mengenai pengenalan Universitas Gifu seperti penjelasan mengenai departemen atau program studi, peluang studi magister dan doktoral serta peluang beasiswanya.

Informasi mengenai Universitas Gifu dapat diakses melalui website https://www.gifu-u.ac.jp/en/prospective. Pembahasan lainnya yaitu mengenai Research Interest dari Prof. Shuichi Matsumura mengenai monyet ekor panjang di Sulawesi, Sense of Taste pada beberapa hewan dan penelitian pada serigala jepang. Pada penjelasannya disebutkan bahwa molecular genetics dapat menjelaskan banyak hal terkait organisme dan salah satunya mengenai domestikasi hewan, kesimpulan ini diambil dari penelitiannya mengenai domestikasi pada serigala jepang.

Pemaran materi dari Prof. Shuichi Matsumura berkaitan dengan 3 level biodiversitas yaitu ekosistem, spesies dan gen dengan topik utama mengenai biodiversitas genetik. Prof Shuichi menyampaikan bahwa jika kita kehilangan biodiversitas genetik manusia akan kehilangan sumber daya genetik dan dapat mempengaruhi kelangsungan spesies atau populasi yang terancam punah. Sehingga berdasarkan hal tersebut besar peluang bagi peneliti untuk melakukan penelitian terkait biodiversitas pada tingkat genetik.

Kegiatan kuliah umum ditutup dengan penyerahan buku “Ikan Air Tawar di Ekosistem Bukit Tigapuluh” karya Dr. Tedjo Sukmono, S.Si., M.Si., yang langsung diserahkan oleh Bapak Tedjo dan penyerahan sertifikat apresiasi sebagai pemateri pada kuliah umum oleh Koordinator Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi Bapak Mahya Ihsan, S.Si., M.Si.

Dengan adanya kegiatan kuliah umum bersama Prof. Shuichi Matsumura dari Universitas Gifu seluruh pihak khususnya Program Studi Biologi berharap akan ada keberlanjutan dalam bentuk kerjasama yang terjalin antara Program Studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi dengan Universitas Gifu.

(IRWAN/HUMAS)