Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Raih Gelar Guru Besar Dr. Shofia Amin : Tidak Ada Sukses Yang Instan, Semuanya Memerlukan Proses

Raih Gelar Guru Besar Dr. Shofia Amin : Tidak Ada Sukses Yang Instan, Semuanya Memerlukan Proses

MENDALO,- Dr. Shofia Amin, S.E., M.Si., Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jambi (UNJA) meraih jabatan tertinggi fungsional dosen sebagai Guru Besar/Profesor dalam bidang Ilmu Manajemen Sumberdaya Manusia. Jabatan Profesor ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor : 25431/M/07/2023 tentang kenaikan jabatan akademik/fungsional dosen yang ditetapkan pada 5 Mei 2023 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

Shofia Amin mengatakan menjadi dosen memang keinginan yang muncul sejak kuliah S1 di USU  Medan dulu, didorong oleh kekaguman terhadap para dosen saya yang cerdas memberikan kepahaman tentang materi kuliah dan diperkuat lagi dengan adanya darah guru yang mengalir dari Datuk saya alm. K.H. Muhammad Zuhdibin Mahmud Zuhdi. Namun untuk menjadi seorang professor tidak pernah terlintas sebelumnya.

Semuanya seperti air mengalir atas izin Allah. Disemangati oleh kawan-kawan seangkatan sewaktu kuliah S2 di PPS Ilmu Manajemen Univeristas Airlangga Surabaya yang masih tetap terjalin silaturrahim, maka setelah sekian lama vakum karena studi lanjut doktoral di Graduate School of Business University Kebangsaan Malaysia, persiapan menulis artikel scopus dimulai di sela kesibukan menjalani tugas tambahan sebagai Wakil Dekan Bidang Umum, Perencanaan dan Keuangan masa itu. Jatuh bangun ditolak editor jurnal scopus merupakan penguat mental dalam mencapai keberhasilan. Berpedoman selagi kita mau konsisten berusaha, tidak ada kata tidak mungkin bila Allah berkehendak. Saya tidak pernah malu belajar kepada yang lebih muda selagi yang muda memang memiliki kompetensi di bidangnya.

Didukung oleh doa orang tua saya, H.M. Amin Sulinta, dan Hj. Anisah Zuhdi, suami saya Drs. Waspi., anak-anak saya Ilmam Aufar, Muthia Shahnaz dan Hania Nur Aisya, serta keluarga besar, para guru dan dosen saya, pembimbing disertasi, Rektor beserta jajarannya, Dekanat termasuk para Kaprodi dan Kajur Manajemen, para dosen kolega, para sahabat, para mahasiswa dan para tenaga kependidikan, maka akhirnya perolehan jabatan guru besar ini berhasil diraih.  Terima kasih setingginya saya ucapkan kepada semua pihak yang telah member inspirasi, membuka jalan dan member dukungan moril dan spiritual.

Dengan menyandang gelar professor ini saya berharap dapat memberikan kontribusi keilmuan yang lebih mendalam kepada para mahasiswa, akademisi, institusi dan masyarakat. Semoga dengan perolehan jabatan professor saya ini yang merupakan professor perempuan pertama di FEB UNJA akan dapat menjadi penyemangat bagi para dosen perempuan di FEB, para mahasiswa saya, para perempuan di Jambi Kota Seberang kampung kelahiran saya, para perempuan di mana saja berada dan tentu saja anak menantu dan keluarga besar saya.

Seorang Professor sebaiknya dapat pula membantu melahirkan Professor baru. Perluas jaringan persahabatan, perkuat karakter diri dan perbaharui ilmu yang dimiliki, insyha Allah segenap langkah akan menjadi ringan. Kalaupun gagal, segera move on untuk bangkit kembali dengan penuh keyakinan bahwa rezeki tidak akan tertukar.

Tidak ada sukses yang instan, semuanya memerlukan proses yang justru akan memperkaya batin.

(istimewa)