Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR BERIKAN EDUKASI PENCEGAHAN STUNTING PADA SISWA MAN 1 GRESIK

DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR BERIKAN EDUKASI PENCEGAHAN STUNTING PADA SISWA MAN 1 GRESIK

DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR BERIKAN EDUKASI PENCEGAHAN STUNTING PADA SISWA MAN 1 GRESIK

Pekan terakhir jelang Penilaian Akhir Tahun (PAT), MAN 1 Gresik disibukkan dengan berbagai kegiatan. Kali ini atau tepatnya hari Senin, 22 Mei 2023 MAN 1 Gresik didatangi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Kehadiran Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur ke MAN 1 Gresik dalam rangka memberikan edukasi kesehatan pencegahan stunting pada remaja.

Informasi kehadiran Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur ke MAN 1 Gresik telah dikonfirmasi satu bulan sebelum hari H. Sehingga ketika rombongan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur hadi di MAN 1 Gresik langsung disambut oleh siswa MAN 1 Gresik yang berjajar rapi di samping kanan dan kiri gerbang MAN 1 Gresik. Tidak ketinggalan Kader Kesehatan Remaja (KKR) MAN 1 Gresik turut serta unjuk kebolehan dalam penyambutan rombongan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Setelah acara penyambutan, rombongan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur langsung menuju ruang kepala MAN 1 Gresik. Setelah beberapa saat di ruang kepala madrasah, penyuluh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur selanjutnya menuju Aula Ulul Albab MAN 1 Gresik. Begitu pula tampak ratusan siswa MAN 1 Gresik turut serta ke Aula Ulul Albab dan bersiap mendapatkan pemamaparan materi dari Dinas Keesehatan Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan dibuka oleh siswa MAN 1 Gresik yaitu Arifatun Nazila. Selanjutnya sambutan mewakili Dinas Provinsi Jawa Timur yang diwakili Ibu Pungki. Beliau mengawali sambutannya dengan permohonan maaf karena datang agak terlambat karena harus mengikuti upacara terlebih dahulu. Kehadirannya di sini bersama tim kesehatan, untuk melakukan edukasi pada siswa MAN 1 Gresik. sebelumnya seminggu yang lalu Tim Kesehatan Provinsi Jawa Timur sudah melakukan advokasi terkait kegiatan tersebut. Beliau berharap tim UKS dan Puskesmas terus melakukan monitoring tentang kegiatan pencegahan stunting setelah pagi ini.

Dalam kesempatan tersebut Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan bahwa sebagai kepala madrasah berterima kasih kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh siswa MAN 1 Gresik. Beliau juga mohon maaf tidak melibatkan seluruh siswa karena KBM tetap berjalan sebagaimana mestinya. Menurutnya Al aqlu salim fi jismisalim Akal sehat terdapat pada jiwa yang sehat, maka kegiatan ini merupakan kegiatan yang penting bagi keluarga besar MAN 1 Gresik.

Kegiatan pembukaan edukasi kesehatan pencegahan stunting pada remaja ditutup dengan pembacaan doa. Pembacaan doa disampaikan oleh Waka Humas MAN 1 Gresik Drs. As’ad, M.Pd. Setelah doa, kegiatan dilanjutkan dengan sosisalisa kesehatan pencegahan stunting pada remaja oleh Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesemapatan tersebut Ibu dr. Anik Lutfiyah, M.Ked. Beliau mengawali sosialisasi dengan mengajak seluruh peserta salam Germas. Beliau banyak mengulas tentang masalah anemia yang dapat menyerang anak muda. Bahkan penyakit anemia memiliki risiko yang sangat tinggi, bahkan dapat menyebabkan kematian. Peserta pun mendapatkan edukasi bagaimana cara yang tepat agar kalangan remaja terutama siswa MAN 1 Gresik tidak terjangkit anemia. Salah satunya dengan cara mengkonsumsi obat tablet tambah darah. Selain itu menjaga pola makan dengan makanan yang bergizi.