Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Tambah Wawasan Keorganisasian MPS MAN 2 Studi Tiru ke MPS MAN 1 Yogyakarta

Tambah Wawasan Keorganisasian MPS MAN 2 Studi Tiru ke MPS MAN 1 Yogyakarta

Sleman (MAN 2 Sleman)- Bersama Kepala MAN 2 Sleman H. Edi Triyanto, S. Ag., S. Pd., M. Pd., pada hari Senin (22/05/2023) Majelis Permusyawaratan Siswa (MPS) berangkat melaksanakan studi tiru ke MAN 1 Yogyakarta. 

Didampingi oleh Kepala Tata Usaha Sri Wulandari, S.E., M.M, Waka Kesiswaan Hanifah, S. Hum, Waka Humas Dra. Hj. Siti Zubaidah, staf kesiswaan bidang organisasi Yeni Susanti, S. Pd., pembina MPS Nurul Latifah Fauziyah, S. Pd. 

MPS MAN 2 Sleman sendiri baru dibentuk pada tahun 2021, pada tahun 2023 ini masuk ke pengurusan periode kedua. Oleh karena itu para pengurus membutuhkan pandangan terkait MPS dari madrasah lain untuk menjalankan roda kepengurusannya. 

Sampai di MAN 1 Yogyakarta MPS MAN 2 Sleman disambut hangat dan studi tiru ini dilaksanakan di ruang multimedia MAN 1 Yogyakarta. 

Edi Triyanto dalam sambutannya, “Mengucapkan terima kasih kepada MAN 1 Yogyakarta atas kesempatan dan sambutan yang telah diberikan. Tujuan hadir disini adalah untuk silaturahim dan ingin belajar terkait keorganisasian. Sebagaimana kita tahu bahwa MAN 1 Yogyakarta  sebagai barometer MAN di Yogyakarta. pengurus MPS MAN 2 Sleman juga mendapat rizki berupa ilmu tentang bagaimana program organisasi bisa mewarnai organisasi di madrasah untuk mempersiapkan generasi yg akan datang.” 

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs. H. Wiranto Prasetyo Hadi, M. Pd. menyambut hangat kedatangan MAN 2 Sleman. 

Wiranto menyampaikan, “Disini kita bisa belajar bersama dan sharing. Prestasi atau apapun jangan dilihat hanya dari dari penghargaan, namun ikut organisasi  juga prestasi dan yang paling penting adalah tawadhu'/ akhlaq kita pada guru ada orang tua. Harapannya yangg hadir disini bisa sharing program yang berkaitan dengan pembentukan karakter siswa.”

Setelah pembukaan kegiatan ini dilanjutkan dengan perkenalan dan presentasi program kerja dari MPS MAN 1 Yogyakarta. Presentasi disambut antusias oleh pengurus MPS MAN 2 Sleman terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul. Kegiatan dilanjutkan dengan sharing bersama antar komisi dan makan siang. 

Fauzy ketua MPS MAN 2 Sleman berkata, “Dari studi tiru ini kami mendapat banyak pandangan terkait MPS, dari struktur organisasi, program kerja, terkait perekrutan anggota, dan tentu saja solusi untuk mengatasi masalah organisasi yang muncul.” 

Pemberian simbolis kenang-kenangan dari MAN 2 Sleman kepada MAN 1 Yogyakarta diwakili oleh Waka Kesiswaan Hanifah, S. Hum dan Suprastiyono, S.Pd., M.Pd. di akhir kegiatan. (Latifah/Qoma)