Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

FT Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan PERKINDO dan PERTAHKINDO

FT Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan PERKINDO dan PERTAHKINDO

Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) melakukan Penandatanganan Dokumen Perjanjian Kerja Sama dengan Persatuan Konsultan Indonesia (PERKINDO) dan Dewan Pengurus Persatuan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (DPP PERTAHKINDO) Jum’at (19/5/2023).

Digelar di Ruang Auditorium Tirta Utama Gedung A Departemen Teknik Pengairan, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dekan FT UB Prof. Ir. Hadi Suyono, S.T., M.T., Ph.D., IPU., ASEAN Eng., Ketua Umum PERKINDO Ir. Nunus Nugroho AP, M.M, IPU,  dan Ir. Aries Wimaruta, M.M selaku Ketua Umum DPP PERTAHKINDO.

Ketiga institusi bersepakat dalam kerja sama Bidang Pengembangan Peningkatan Sumber Daya Manusia, Pengembangan Bidang Pendidikan Pelatihan, Penelitian, Penyelidikan Lapangan, Pengujian Laboratorium, Kerja Praktik, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Prof Hadi dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi atas jalinan kerja sama yang terjalin dengan PERKINDO dan DPP PERTAHKINDO. Ia mengatakan FT sebagai institusi yang mengelola pendidikan akademik dan pendidikan profesi dalam bidang keteknikan perlu dilakukan langkah kongkrit dengan mengimplementasikan kerja sama dengan organisasi nasional di bidang asosiasi konsultan maupun asosiasi tenaga ahli konsultan.

“Baik dari sisi perencana maupun pengawas dalam bidang jasa konstruksi dan non konstruksi. Inisiasi kerja sama awal dari Departemen Teknik Pengairan ini, diharapkan menjadi jembatan antar instansi untuk dapat memberikan sumbangsih dan kontribusi nyata bagi peningkatan sosial ekonomi masyarakat dan pembangunan Negara secara berkelanjutan,” ujar Guru Besar Bidang Rekayasa Sistem Daya & Kecerdasan Buatan ini.

Sejalan dengan Dekan, Ketua umum PERKINDO dan Ketua Umum DPP PERTAHKINDO juga sepakat dan berharap kerja sama ini dapat memberikan kontribusi nyata dan berkelanjutan. Implementasi program sertifikasi nasional bidang konstruksi dengan dukungan ribuan resource terbaik yang tersebar di setiap provinsi di Indonesia menjadikan kolaborasi yang paripurna dan produktif.

Pada kesempatan lain Departemen Teknik Pengairan juga mengundang Ketua umum PERKINDO, Ketua Umum DPP PERTAHKINDO, dan Ir. Muhtar Jaya selaku Direktur Utama PT LSP PERTAHKINDO Konstruksi Nasional (PT LSP PERTAKONAS) untuk memberikan Kuliah Tamu.

Mengusung tema “Industri Jasa Konstruksi Indonesia”, kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa Teknik Pengairan lintas angkatan. Usai pemberian materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan narasumber dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Turut hadir pada seremonial ini Sekretaris Jenderal PERKINDO Ir. Basuki Rafianto, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Eng. Ir. Indradi Wijatmiko, ST., M.Eng. (Pract), Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa Dr. Eng. Ir. Herry Santosa, ST., MT., IPM., Ketua Departemen Teknik Pengairan Dr. Runi Asmaranto, ST., MT.,IPM, Sekretaris Departemen Dr. Ir. Very Dermawan, ST., MT.,IPM, Ketua Program Studi Sarjana Dr. Hari Siswoyo, ST., MT., Dosen, serta Dosen Senior Teknik Pengairan. (MIK/Humas UB)