Selasa, 16 April 2024
Perguruan Tinggi

Universitas Teknokrat Indonesia Teken Kerjasama Dengan FKIP Universitas Majalengka

Universitas Teknokrat Indonesia Teken Kerjasama Dengan FKIP Universitas Majalengka

Pada Selasa, 23 Mei 2023, Universitas Teknokrat Indonesia menerima kedatangan kelompok dari Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Majalengka (UNMA). Rombongan tersebut terdiri dari 8 orang, antara lain Dr. Yoyo Zakaria Ansori, M.Pd. selaku Dekan FKIP UNMA, Udi Sahudi, M.Pd. sebagai Wakil Dekan 1, Dr. Pipik Asteka, M.Pd. sebagai Wakil Dekan 2, Dr. Rama Dwika Herdiawan, M.Pd. sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Muhammad Gilar Jatisunda sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Dr. H. Agus Rofi’i, M.Pd., Abdur Rasyid, M.Pd., Dede Salim Nahdi, M.Pd., dan Eka Nurhidayat, M.Pd.

Rombongan dari Universitas Majalengka (UNMA) diterima oleh Wakil Rektor Dr. H. Mahathir Muhammad SE MM, dekan, wakil dekan, dan dosen di Universitas Teknokrat Indonesia. Kedatangan mereka memiliki dua tujuan utama, yakni penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dan pelaksanaan kolaborasi penelitian. PKS ini merupakan langkah nyata dalam merealisasikan Memorandum of Understanding (MOU) yang telah ditandatangani antara Universitas Teknokrat Indonesia dan Universitas Majalengka pada tahun 2021. Adapun poin-poin kerjasama yang termuat dalam PKS antara Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) UTI dan FKIP UNMA meliputi Pertukaran Mahasiswa (Student Mobility), Dosen Tamu (Visiting Lecturer), Kolaborasi Penelitian (Joint Research), dan Kolaborasi Publikasi (Joint Publication). Salah satu acara yang dijadwalkan dalam penyambutan ini adalah presentasi Program Unggulan dari masing-masing fakultas. Presentasi dari FSIP UTI akan disampaikan oleh Dr. Heri Kuswoyo, M.HUm., sementara dari FKIP UNMA akan disampaikan oleh Dr. Yoyo Zakaria Ansori, M.Pd.

Baca juga : Ferdian Ahmad Gholib Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Juara 1 Mekhanai Pesawaran 2023

Pada kesempatan ini, Dr. H. Mahathir Muhammad, M.M., selaku Wakil Rektor UTI, ikut menyambut dan memberikan gambaran singkat mengenai peringkat internasional yang telah dicapai oleh UTI serta perkembangan teknologi digital seperti Artificial Intelligence (AI) dan Metaverse. Mahathir menjelaskan bahwa UTI akan terus mengembangkan teknologi digital (AI dan Metaverse) dengan fokus pada pengaplikasiannya dalam bidang pendidikan. Dia juga menyampaikan bahwa saat ini UTI telah sukses mengadakan sidang ujian skripsi mahasiswa melalui platform Metaverse, di mana dosen penguji, mahasiswa yang diuji, dan audiens dapat hadir dalam ruang virtual menggunakan avatar.

Dalam hal lain, Dr. Yoyo Zakaria Ansori, M.Pd., mengungkapkan rasa terima kasih yang sangat besar atas pelayanan yang luar biasa dari Universitas Teknokrat. Ia tidak menyangka akan mendapatkan penyambutan yang begitu istimewa. Ia juga terkesan dengan prestasi Universitas Teknokrat Indonesia, yang meskipun merupakan perguruan tinggi swasta, namun memiliki banyak pencapaian gemilang, termasuk menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di kawasan ASEAN.

Baca juga : Universitas Teknokrat Indonesia, Kampus Pertama Sidang Ujian Skripsi Via Metaverse

Pada kesempatan lain, rombongan FKIP UNMA juga mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Dr. HM. Nasrullah Yusuf, M.B.A., Rektor UTI. Pak Rektor UTI menyampaikan harapannya bahwa kerjasama yang telah terjalin dapat memberikan dampak positif bagi kedua universitas, UTI dan UNMA, terutama dalam pengembangan sumber daya manusia, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, Dekan FKIP UNMA juga menyampaikan bahwa terdapat banyak hal yang dapat dipelajari dan diadopsi dari UTI.