Kamis, 28 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

SMA Muhiska Gelar Review Kurikulum Operasional Sekolah

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar review Kurikulum Operasional Sekolah pada hari Senin, 22 Mei 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dalam agenda Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Penyusunan KOS dan Perangkat Ajar Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Sesuai regulasi yang ada, setiap satuan pendidikan wajib menyusun kurikulum sebelum memasuki tahun pelajaran baru. Kurikulum sekolah yang dikenal dengan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum (TPK) di sekolah mengacu pada hasil Analisis Konteks tahun sebelumnya yang terdiri atas analisis: 1)  8 Standar Nasional Pendidikan,     2) Kondisi Satuan Pendidikan, dan 3) Kondisi Lingkungan Satuan Pendidikan.

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta melaksanakan review Kurikulum Operasional Sekolah pada dengan melibatkan Tim Pengembang kurikulum sekolah, Menurut keterangan dari Humas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd. kegiatan tersebut bertujuan  untuk memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik.

Hal-hal yang harus diperhatikan oleh setiap jenjang satuan pendidikan dalam merancang kurikulum hasil review antara lain: 1) pelaksanaan kurikulumnya, 2) pelaksanaan pembelajarannya, dan 3) asesmen dalam capaian kurikulum untuk kenaikan kelas dan kelulusan.

Kegiatan review KOS ini menghadirkan narasumber, Siti Nur Jannah, S.Pd. serta melibatkan perwakilan guru dari rumpun mata pelajaran. Sedangkan peran semua guru mata pelajaran dalam pembuatan KOS adalah merencanakan pembelajarannya dengan menyusun perangkat ajarnya masing-masing.

Semoga Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Penyusunan KOS dan Perangkat Ajar Tahun Pelajaran 2023/2024 dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan perangkat Ajar yang sesuai yang diharapkan. Sahabat guru yang hebat, semangat….