Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

UMSU dan 33 SMA di Kampar Riau Jalin Kerjasama

UMSU dan 33 SMA di Kampar Riau Jalin Kerjasama
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjalin kerjasama dengan 33 SMA di kabupaten Kampar Riau melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) didampingi perwakilan Dinas Pendidikan Bidang SMA Provinsi Riau. Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani langsung oleh Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP dengan 33 Kepala Sekolah, Selasa (23/5) di Auditorium UMSU Jalan Muchtar Basri No.3 Medan.
Mendapat sambutan hangat dari Rektor UMSU, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) kabupaten Kampar Bujang, S.S., M.Pd merasa bangga bisa berkunjung dan bekerjasama dengan UMSU.
“Saya rasa di Riau tidak ada kampus semewah ini Pak Rektor. Ini kebanggaan bagi kami karena disambut dengan meriah. Kami sangat bangga,” ujar Bujang. Dia juga menyarakan agar UMSU bisa bekerjasama dengan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Riau.
Sementara itu, Rektor UMSU Prof. Agussani pada sambutannya mengatakan kerjasama ini terjalin dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan menjadi bagian dari program yang telah disusun. Alumni SMA Negeri di Riau juga telah banyak berkunjung dan menjadi mahasiswa di UMSU.
Prof. Agussani mengatakan UMSU siap melakukan kerjasama dengan seluruh Kepala sekolah di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
“Kami sangat berbangga dengan kedatangan Kepala sekolah dari kabupaten Kampar dan kami berharap ada masukan atau kritikan terkait kegiatan pendidikan. Hal ini sejalan dengan program kami dalam membangun kualitas akademik,”  ujar Rektor UMSU.
Pada kesempatan tersebut, Prof. Agussani memperkenalkan bahwa UMSU telah menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sumatera yang terakreditas Unggul, mendapatkan bintang 4 dari lembaga pemeringkatan Internasional QS Stars World University Rangkings, serta terekognisi MQA, lembaga akreditasi Malaysia.
Tidak hanya institusinya saja, tapi terdapat 9 program studi yang terakreditasi unggul, sehingga menempatkan UMSU sebagai PTS terbaik di Sumatera versi pemeringkatan LLDikti.
Dijelaskan dia,  akreditasi perguruan tinggi menjadi pertimbangan penting bagi siswa dalam melanjutkan pendidikan. “Alhamdulillah, semua mahasiswa kami yang berprestasi kita berikan beasiswa dan semua prestasi sangat dihargai,” kata Prof. Agussani.
Terakhir, Prof. Agussani berharap kerjasama yang terjalin dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya Riau dapat ditindaklanjuti melalui pertemuan-pertemuan secara berkala.
Turut dihadiri BPH UMSU Dr. Bahril Datuk, M.M, Para Wakil Rektor UMSU, Pimpinan Fakultas Se-UMSU dan 33 Kepala Sekolah SMA Kabupaten Kampar Riau.