Kamis, 18 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

WORKSHOP MOVIE POSTER

WORKSHOP MOVIE POSTER

Sabtu 20 Mei 2023, FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) UNS Kampus Mesen Jl. Jend. Urip Sumoharjo No. 112, Purwodiningratan, Jebres, Surakarta mengadakan Workshop Movie Poster bagi siswa SMK jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) kota Surakarta. Siswa SMK Marsudirini Surakarta kelas X dan kelas XI DKV, ikut ambil bagian berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Workshop movie poster dibawakan oleh pembicara Ridho Nafharo, mahasiswa FSRD UNS yang pernah menjadi desainer beberapa brand produk terkenal, kemasan produk, mockup kemasan, dan telah menjuarai beberapa lomba movie poster.

Siswa SMK berkesempatan membuat sketsa poster film bertema “MESEN is OUR PLACE” dalam waktu 15 menit dan hasil karya beberapa siswa direview oleh kakak pendamping UNS.

Dalam workshop, Ridho Nafharo menjelaskan beberapa manfaat dan penerapan prinsip desain. Yang harus diperhatikan dalam desain grafis adalah bagaimana planning, problem solving, dan way to communication. Dimana way to communication merupakan salah satu cara untuk membawa pengaruh dan motivasi pada masyarakat dalam bentuk promosi semisal poster film, poster makanan, atau melalui influencer. Interaksi atau komunikasi dengan publik memang adalah salah satu hal penting dalam kegiatan promosi dan poster merupakan karya desain grafis yang paling efisien.

Dari kegiatan workshop ini, siswa SMK Marsudirini jurusan DKV mendapat pengetahuan tambahan yang akan menjadi bekal untuk menjadi desainer yang mampu menghasilkan karya desain yang di luar nalar.

Article By: Evani XI DKV