Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Tim FATEK UMSU Wakili Sumut Ke Kontes Robot Nasional

Tim FATEK UMSU Wakili Sumut Ke Kontes Robot Nasional

Tim Robot Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FATEK UMSU) menjadi wakil Sumatera Utara ke tahap nasional dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) RI.

“Berdasarkan hasil seleksi tahap 2 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) RI, Sabtu (20/5) tim robot Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FATEK UMSU) berhasil lulus Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat wilayah dan siap bertanding di Nasional,”ungkap Dosen Pendamping Arya Rudi Nasution, S.T., M.T didampingi Rahmat Fauzi Siregar, ST, MT kepada wartawan di Medan, Senin (22/5).

Tim robot Fatek UMSU bernama ‘Marahalim’ sebelumnya telah mengikuti seleksi tahap pertama bersaing dengan 108 tim divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI). Dinyatakan lulus, tim Robot Marahalim siap menghadapi seleksi menuju nasional yang diadakan secara daring, Minggu – Sabtu (28 Mei – 3 Juni 2023).

Ditegaskan Rudi, timnya telah mematangkan persiapan untuk menghadapi tahap berikutnya, “Kami dari tim sudah memaksimalkan apa yang menjadi masukan dari tim juri saat sesi laporan kemajuan pada 17 Mei 2023 yang lalu untuk persiapan kompetisi nasional,” ujarnya. Tim sedang mempersiapkan instrumen-instrument robot mencapai 100 persen dan mempersiapkan arena lintasan robot.

Sementara itu, Bayu Prasetyo selaku mahasiswa Fatek UMSU sekaligus ketua tim pada kompetisi ini, sangat bersyukur bisa lulus di tahap menuju nasional. Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung dalam Kontes Robot Indonesia 2023. “Terima kasih khususnya kepada Universitas atas dukungannya dan kami mohon dukungan dalam persiapan menuju kompetisi wilayah nasional yang akan diadakan di universitas semarang nantinya” ujar Bayu.

Kontes Robot Indonesia (KRI) diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Kemdikbud Ristek RI terdapat 7 divisi lomba yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).