Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Kedokteran UMJ Juara I MTQ Provinsi Kaltim

Mahasiswa Kedokteran UMJ Juara I MTQ Provinsi Kaltim

Ibrahim, mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) berhasil meraih Juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur’an Provinsi Kalimantan Timur, Minggu (21/05/2023). Atas prestasinya, Ibrahim akan mewakili Kalimantan Timur dalam Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional 2023.

Lomba digelar di Universitas Balikpapan yang berlangsung selama satu pekan sejak 13-21 Mei 2023 ini melombakan lebih dari 20 cabang lomba. Sementara Ibrahim berhasil menang dalam cabang lomba Tafsir Al-Qur’an Golongan Bahasa Arab. Pada cabang ini, peserta wajib hafal 30 juz Al-Qur’an yang dinilai melalui uji hafalan kemudian dilanjutkan dengan uji tafsir.

Baca Juga : Mahasiswa Kedokteran UMJ Raih Juara 2 MTQ XIX Banten 2022

Meskipun mengaku sempat terkendala jarak yang cukup jauh antara Jakarta dan Balikpapan, serta manajemen waktu antara kuliah, organisasi dan menghafal, Ibrahim tidak patah semangat. Ia melakukan persiapan sangat baik dan matang dengan memanfaatkan waktu di bulan Ramadan dan liburan Idulfitri.

“Persiapannya dengan muroja’ah setiap hari, rutin, berkala, dan ditargetkan satu sampai tiga juz. Selain itu mempelajari tafsir secara mandiri maupun didampingi oleh ustaz,” ungkap Ibrahim saat dimintai keterangan melalui pesan singkat, Selasa (23/05/2023).

Setelah memenangkan lomba ini dan secara otomatis dinobatkan sebagai perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Ibrahim memiliki target untuk memenangkan juara 1 dalam Lomba MTQ tingkat Nasional yang akan digelar di Jambi. Ia mengaku sangat senang bisa menjadi perwakilan Kaltim dan tentunya memerlukan persiapan yang lebih matang.

Namun menurutnya satu hal terpenting dari MTQ adalah silaturrahim. “Salah satu hal paling penting dari MTQ adalah silaturahim. Di sana bisa bertemu kembali dengan para hafidz terbaik dari setiap daerah.
Mohon doa dan dukungannya dari teman-teman di kampus UMJ agar saya bisa menampilkan yang terbaik dan mendapatkan juara,” ungkap Ibrahim.

Editor : Budiman