Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Program Studi Peternakan Faperta Berpartisipasi Dalam Menyukseskan Program Nasional dan Swasembada Daging Di Kota Banjarbaru.

Program Studi Peternakan Faperta Berpartisipasi Dalam Menyukseskan Program Nasional dan Swasembada Daging Di Kota Banjarbaru.

Banjarbaru – Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin membuka langsung kegiatan HIMATERNA EXPO – Kontes Kambing Kalimantan Selatan denga tema  “ Meningkatkan Ketersediaan Bibit Ternak Unggul Melalui Kontes Ternak Kambing” yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Peternakan Fakults Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang dibantu serta didukung oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru pada Kamis, (25/3/20233). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian ULM Dr. Ir. Nursyam A.S., M.Si, Ketua DPRD Kota Banjarbaru beserta forum koordinaasi pimpinan daerah Kota Banjarbaru, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru, Ketua Hima dan Mahasiswa Prodi Peternakan Fakultas Pertanian ULM, Kepala dinas perkebunan dan peternakan Provinsi Kalsel, Camat dan Lurah sekecamatan  Landasan Ulin.

Kegiatan yang diselenggarakan di Pasar Abadi Banjarbaru ini diikuti oleh 80 peserta dimana anggota Pengurus Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia ditunjuk sebagai juri pada kontes kali ini. Tujuan diselenggaranya kegiatan ini adalah didasari oleh populasi ternak khususnya kambing yang masih rendah di Kota Banjarbaru. Padahal diketahui Kota Banjarbaru yang merupakan Ibukota provinsi Kalimantan Selatan masih didominasi hampir 80% oleh pelaku usaha dibidang pertanian dan peternakan. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan kecintaan terhadap pertanian dan peternakan.

Kebutuhan kambing di Kota Banjarbaru pertahun kurang lebih 182 ton. Sedangkan ketersediaan kambing yang ada di Kota Banjarbaru kini hanya mencapai 20% dari seluruh petani yang ada. Diharapkan dengan rutinnya kegiatan ini dapat meningkatkan minat generasi muda untuk bisa membangkitakan usaha peternakan khususnya kambing dalam rangka meningkakan ketersediaan daging kambing di Kota Banjarbaru.

Ketua Jurusan Peternakan Faperta ULM yang mewakili Dekan Faperta mengapresiasi penuh kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa Jurusan peternakan ULM yang sudah direncanakan sejak setahun yang lalu. Selain itu beliau mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru yang membuat kegiatan ini dapat terselenggara. “Kegiatan ini bisa kita tingkatkan untuk kegiatan yang lebih besar dan baik lagi terutama dibidang pertanian dan peternakan” Ucap Dr. Ir. Nursyam.

Menurut beliau, Kegiatan kontes kambing mempunyai nilai strategis untuk menyukseskan program nasional yaitu swasembada daging mengingat ketersediaan jumlah kambing di Kota Banjarbaru yang masih kurang dengan populasi bibit yang masih sangat terbatas. Peningkatan populasi dapat dilakukan dengan adanya calon bibi-bibit induk dan pejantan yang unggul.  Maka dari itu, melalui kontes kambing ini diharapkan peternak yang ada di Kota Banjarbaru dapat menampilkan dan memilih induk dan pejantan yang unggul untuk dapat mengahsilakn bibit-bit terrnak yang unggul pula.

Walikota Banjarbaru menyampaikan rasa apresiasi beliau kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru  beserta pihak-pihak terkait tak lupa juga terhadap ULM  yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini.Beliau berharap ternak di Kota Banjarbaru semakin meningkat populasinya tidak hanya terkait populasi tapi kualitasnya pun bisa diperhitungkan dalam rangka memenuhi ternak yang sehat di tengah-tengah kebutuhan pangan masyarakat sehingga layak dikonsumsi.