Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Dasar

TIM SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana) SDUA melaksanakan Upgrading SOP Cuaca Ekstrim

TIM SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana) SDUA melaksanakan Upgrading SOP Cuaca Ekstrim

SD Unggulan Aisyiyah Bantul pada hari Selasa, 23 Mei 2023 melaksanakan Upgrading SOP SPAB. SPAB merupakan singkatan dari Satuan Pendidikan Aman Bencana. SPAB sebelumnya bernama SSB (Sekolah Siaga Bencana). Pelatihan Upgrading SOP SPAB adalah program sekolah yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Pelaksanaan tersebut bersamaan dengan siswa kelas 6 yang sedang melaksanakan ASPD sehingga Bapak/Ibu guru Karyawan bisa menghadiri. Pelatihan SOP SPAB mengundang Bapak Jirokhim Soleh dari BPBD Kab Bantul. Pelaksanaan pelatihan SOP SPAB dihadiri guru karyawan SDUA Bantul yang berjumlah 35 orang.

   

Dalam pertemuan tersebut Bapak Kepala Sekolah menyampaikan bahwa betapa pentingnya sekolah melaksanakan pelatihan mitigasi bencana dan simulasi agar anak-anak, warga sekolah  mengerti dan paham, siap siaga jika terjadi bencana. Karena kita tidak pernah tau bencana itu kapan datang dan akan terjadi. Ancaman yang ada di wilayah sekolah kita terdapat 5 ancaman yaitu, Gempa Bumi, Kebakaran, Angin Puting Beliung, dan Binatang buas.

Pelatihan SOP SPAB dilaksanakan mulai dari jam 08.00 wib-12.30 wib, kesepakatan bapak/ibu guru karyawan pada pelatihan tersebut membahas mengenai Cuaca Exstream, karena untuk pelatihan Gempa Bumi dan Kebakaran sudah dilaksanakan dan sudah revisi. Sebelum masuk pada diskusi Cuaca Extream, kami bersama-sama Pak Rohim merevisi mengenai Peringatan Dini/ Early Warning Sistem pada ancaman Gempa Bumi, Kebakaran, dan Cuaca Extream. Sehingga masing-masing ancaman untuk peringatan dininya berbeda. Sebelum berdiskusi beliau menjelaskan mengenai kajian risiko Bencana. Kemudian beliau membuat diskusi 2 kelompok yang membahas pemetaan kapasitas, dan kerentanan.  Tim Kerentanan diketuai oleh  Bapak Rudito sedangkan Tim Kapasitas diketuai oleh Bapak Fanis. Setelah selesai diskusi, ketua secara bergantian maju memaparkan hasil diskusi untuk disetujui bersama. Setelah selesai kami berdiskusi kembali membuat 3 kelompok  dengan membahas pencegahan (Mengurangi Resiko), RAK Mitigasi, dam kesiap-siagaan bencana. Dan ditutup dengan pembuatan SOP Cuaca Ekstrim dan gambaran simulasi yang akan dilaksanakan pada pertemuan kedepan.

   

Visits: 14 Today: 14