Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

RAPAT KERJA 2023

 

Rapat kerja SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar Tahun 2023 dilaksanakan pada hari Senin sampai Rabu, 18- 20 Januari 2023. Rapat kerja  kali ini berfokus pada dua kegiatan penting sebagaimana dilaporkan oleh Bapak Ananias Serin,S.Pd.,M.Pd selaku ketua panitia antara lain: 1) melakukan evaluasi program kerja pada masing-masing bidang seperti bidang kurikulum, bidang kesiswaan, bidang humas dan bidang sarana prasarana, bidang perpustakaan, bidang ketenagaan, bidang keuangan/anggaran selama tahun 2022 lalu, 2) melakukan perencanaan berbasis data. Peserta kegiatan berjumlah 57 orang termasuk cleaning service dan petugas keamanan (security). Mekanisme dalam rapat kerja, peserta dibagi per standar untuk membahas setiap program yang dirancang harus mengacu pada rapor mutu pendidikan selanjuntya dipresentasikan.

Rapat kerja Tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Khusus Kabupaten Kepulauan Tanimbar Bapak Thomas Marian,S.Pd. Mengawali sambutannya beliau berterima kasih kepada Ibu Henderika P.Pattian,S.Pd.,M.Si Kepala SMAN 8 Kepulauan Tanimbar dan panitia penyelenggara rapat kerja perencanaan program berbasis data Tahun 2023 ini, yang mana kegiatan tersebut merupakan kebijakan merdeka belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan masing-masing di setiap wilayah Indonesia. Menurut Kepala Kantor hari ini merupakan moment yang sangat luar biasa penting karena SMAN 8 Kepulauan Tanimbar sudah bisa menggelar kegiatan ini dengan meramu semua program yang akan dijalankan bahkan menjadi bahan evaluasi untuk program kerja di Tahun 2023.

Raport pendidikan itu sendiri adalah sebuah platform yang menyajikan hasil dari asesmen nasional atau dengan kata lain tentang capaian dari hasil belajar pendidikan yang terintegrasi.  Sementara Perencanaan berbasis data ini diatur dalam PP 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan dan Permendikbudristek No.9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan.

Perencanaan berbasis data adalah bagian dari pemanfaatan data pada platform pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan pendidikan maupun dinas pendidikan serta pemerintah daerah terhadap capaian keberhasilan kualitas pendidikan pada semua satuan pendidikan yang ada di tanah air pada umumnya dan satuan pendidikan yang berada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar secara khusus di SMAN 8 Kepulauan Tanimbar, sehingga melalui forum rapat kerja ini harus dipikirkan sejauhmana pengembangan pendidikan yang seharusnya terukur baik di tahun kemarin maupun di tahun yg akan datang ungkap Marian.

Lebih lanjut, Marian menuturkan bahwa perkembangan lembaga SMAN 8 Kepulauan Tanimbar kedepan bukan saja menjadi tanggungjawab pimpinan sekolah tetapi menjadi tanggungjawab semua pihak yang ada di satuan pendidikan ini baik sebagai wakasek, guru, pegawai tata laksana petugas kebersihan, keamanan serta orang tua peserta didik.

Selama kegiatan berlangsung beliau berharap agar bapak/ibu sebagai pendukung suksesnya Raker Tahun 2023 ini harus saling berbagi, baik sebagai pimpinan sekolah, bapak/ibu wakasek sebagai penanggungjawab bidang tugas yang dipercayakan maupun bapak/Ibu staf dewan guru, pegawai staf tata laksana bahkan petugas keamanan dan petugas kebersihan sekolah sekalipun agar seluruh proses penyusunan program dapat dipastikan tersusun secara baik dan pada saatnya akan menjadi acuan dalam menentukan program-program prioritas yang dijalankan di tahun 2023.

Mengakhiri sambutannya, beliau berpesan bahwa rapat kerja merupakan quorum pengambilan keputusan yang paling tertinggi saya berharap pelaksanakaan rapat kerja berbasis perencanaan data di SMAN 8 Kep.Tanimbar sebagai ajang yang tepat dalam menghasilkan program-program yang bermutu dan membawa SMAN 8 Kepulauan Tanimbar kearah yang lebih baik demi mempersiapkan lulusan-lulusan yang bermutu dan berkarakter baik serta siap bersaing.redhumassman8kkt