Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

M-CARE Raih Gold Medal dalam Kompetisi Internasional di Malaysia

M-CARE Raih Gold Medal dalam Kompetisi Internasional di Malaysia

MCARE - Mahasiswa Teknik Mesin Mendapatkan Gold Medal pada World Young Inventors Exhibition 2023 2

Mahasiswa Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) kembali menorehkan prestasi di ajang internasional. Kali ini tim M-CARE berhasil meraih prestasi dalam ajang World Young Inventors Exhibition (WYIE 2023) pada (10/6-13/5/2023).

Setelah melewati serangkaian Exhibition dan juga penjurian di Kuala Lumpur Convention Center, Tim M-Care berhasil medapatkan dua penghargaan yaitu Gold Medalist dan didapuk sebagai Asian Young Inventors Best Invention Award 2023 Tertiary Level.

Dalam kompetisi kali ini Tim M-CARE membawa aplikasi seluler untuk mendukung kesehatan mental sekaligus mengurangi dampak masalah kesehatan mental masyarakat.

Di bawah bimbingan Dr. Ir. Femiana Gapsari M. F. ST.,MT., tim yang beranggotakan Janu Andrean, Clarissa Ratusima Arifi, Faris Idan Auliarahman, Kelvin lowenchris, Michael Kelvin,  dan Sa Bashkaran Adi Warman membawa tema kesehatan mental karena saat ini masih sangat jauh dari kata baik.

“Selain kurangnya kesadaran masyarakat akan kesehatan mental, akses bantuan untuk penderitanya pun juga kurang,” terang Janu mewakili tim.

Aplikasi ini, lanjutnya, akan membantu dalam penyelesaian masalah bagi orang yang memilih masalah kesehatan mental tetapi juga dapat membantu mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan mental.

WYIE sendiri adalah sebuah kompetisi penelitian untuk mendorong semangat dalam berkreasi dan berinovasi bagi peneliti muda. Kompetisi ini diselenggarakan oleh MINDS (Malaysian Invention and Design Society) dan merupakan acara unggulan tahunan ITEX (International Invention, Innovation, and Technology Exhibition). [humasFT/Humas UB]