Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMA Muhiska Raih Juara di Ajang Krenova 2023

Dalam Lomba Krenova (kreativiras dan Inovasi) Tahun 2023 tiga tim Karya Ilmiah Remaja (KIR) perwakilan dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta berhasil lolos seleksi dan lanjut ke tahap berikutnya yaitu mempresentasikan hasil karya. Tim ini mengikuti lomba krenova untuk kategori pelajar. Kegiatan lomba dilaksanakan pada tanggal 24-25 mei 2023 di gedung STP, Solotecnopark. Pada acara tersebut setiap tim melakukan display produk dalam pameran dan presentasi hasil karya di depan dewan juri. Adapun 3 tim yang lolos dengan karya inovasi dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta adalah:
Karya yang pertama adalah: CILOK ISI JAMU TRADISIONAL Cara Milinela Zaman Now Konsumsi Jamu Tradisional. Karya ini diusulkan oleh Kyla Audrey Saraswati Kelas X-3. Kyla menyampaikan bahwa,”Ide ini muncul ketika melihat fenomena cilok merupakan makanan khas yang populer di kalangan remaja sedangkan jamu tradisional adalah minuman herbal yang telah dikenal di Indonesia. Maka dari itu, muncul ide untuk membuat cilok isi jamu tradisional. Selain juga enak produk cilok ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Adapun produk cilok isi jamu tradisional yang dibuat dalam lomba ini antaranya adalah cilok isi jamu tradisional kunyit asam, beras kencur, temulawak, bratawali dan galian singset.
Karya yang kedua: FIRUS 11, Media belajar interaktif untuk memelajari rumus fisika kelas XI diusulkan oleh Atika Shaliha M kelas XI-1, Salwa Putri K Kelas XI-2 dan Nizma Fairus Kelas XI-2. Ide ini muncul dari hasil observasi di kelas XI bahwa teman-teman mengalami kesulitan dalam mempelajarai rumus fisika yang sangat banyak dan teknologi selalu berkembang dalam dunia pendidikan. Maka dari itu, muncul ide untuk membuat aplikasi media belajar interaktif dengan tema game karena disukai oleh remaja sekarang ini agar mampu menarik minat belajar. “harapannya, dengan munculnya aplikasi ini, belajar teman-teman dapat menjadi lebih menyenangkan dan mengasikan dengan aplikasi FIRUS 11 yang interaktif dan bertema game. Sesuai dengan minat anak usia pelajar yang kebanyakan memang menyukai game, tutur Atika, salah satu anggota tim FIRUS 11.
Karya yang ketiga adalah: ECOTAB X, Media belajar untuk memfasilitasi semua gaya belajar diusulkan oleh Audiena M kelas XI-4, Andara Putri H kelas XI-4 dan Garwita A P Kelas X-6. Ide ini muncul karena keresahan teman-teman dalam belajar materi ekonomi yang menggunakan berbagai sumber belajar. Akan tetapi belum terwadahi dalam sumber yang mampu diakses oleh semua siswa dengan berbagai gaya belajar yang ada agar mereka lebih mudah dalam pencariannya. Maka dari itu, muncul ide untuk membuat aplikasi media belajar agar memudahkan teman-teman dalam belajar sesui gaya belajar. Dengan aplikasi ini diharapkan agar proses belajar menjadi lebih menyenangkan sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki yaitu gaya belajar visual, auditori dan kinestetik.
Setelah semua peserta melakukan display dan presentasi karya, tibalah saatnya untuk mengumumkan hasil pemenang. Pengumuman hasil lomba diadakan pada tanggal 25 Mei 2023, dihadiri oleh bapak wakil walikota di gedung STP Solotecnopark. SMA muhammadiyah 1 Surakarta berhasil meraih Juara Harapan 2 kategori pelajar dengan produk inovasi dari Kyla Audrey yang berjudul “CILOK ISI JAMU TRADISIONAL Cara Milinela Zaman Now Konsumsi Jamu Tradisional”.
Terima kasih untuk semua tim KIR telah memberikan yang terbaik untuk acara lomba Krenova Tahun 2023. Hal ini menjadi kesempatan dan pengalaman yang diharapkan menjadi penyemangat dalam berproses ke depan untuk membuat penemuan inovatif dan kreatif lainnya. Semoga ke depannya lebih baik lagi dan terus bersemangat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.