Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Jadi Tuan Rumah NUDC, Untirta Adakan Bimtek untuk Mahasiswa

Jadi Tuan Rumah NUDC, Untirta Adakan Bimtek untuk Mahasiswa

SERANG – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk 159 mahasiswa yang dilibatkan sebagai Organizing Committee (OC), Liaison Officer (LO), dan Chairperson pada kompetisi debat nasional tahunan, National University Debating Championship (NUDC) 2023, Kamis (25/5) di Student Center Kampus Untirta Sindangsari. Mahasiswa dibekali dengan pengetahuan mengenai keuntirtaan, teknis pelaksanaan kompetisi, cara berkomunikasi, hingga etika.

“Bimtek ini diisi oleh Mas Andre, perwakilan dari Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Lalu, dilanjutkan dengan simulasi untuk chairperson yang dipandu oleh Roga Bara Hari, Ketua English Debating Club (EDC) Untirta tentang bagaimana memandu jalannya debat,” jelas Mahrawi, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Sekretaris NUDC 2023. Sementara itu, Mahrawi akan memberikan pengarahan kepada LO dan OC bersama Wakil Ketua NUDC 2023, Ika Handayani, S.Pd., M.Pd.

Mahasiswa yang tergabung dalam kepanitiaan NUDC 2023 merupakan mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untirta yang tergabung maupun tidak tergabung dalam Himpunan Mahasiswa, serta Duta Untirta, Duta Millennials Road Traffic Club (MRTC), dan anggota BEM Universitas.

“Karena NUDC adalah event Bahasa Inggris dan KDMI adalah event Bahasa Indonesia, kami memberikan kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris,” terang Mahrawi. “Kami juga merekrut Duta Untirta dan Duta MRTC, serta bekerja sama dengan BEM Universitas. Ada 10 anggota BEM yang bergabung sebagai LO dan Organizing Committee,” lanjutnya.

Untirta menjadi tuan rumah penyelenggara National University Debating Championship (NUDC) 2023 yang akan diadakan pada 6-12 Juni 2023 secara luring untuk pertama kalinya sejak pandemi covid-19. Ajang tahunan ini diikuti oleh 113 perguruan tinggi di Indonesia dengan masing-masing delegasi 1 tim yang terdiri dari 3 mahasiswa. (SAC/ AAP/ VDF)