Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Bekali Dosen dengan Digitalisasi untuk ‘Melawan’ AI, SCU Berikan Workshop Academic Assessment

Bekali Dosen dengan Digitalisasi untuk ‘Melawan’ AI, SCU Berikan Workshop Academic Assessment

Di era yang serba digital ini, tidak asing jika semua hal dekat sekali dengan teknologi. Tidak terkecuali AI, teknologi kecerdasan buatan ini akhir-akhir banyak dipertontonkan di media sosial. Chat GPT, salah satu AI yang banyak dikenal oleh banyak pengguna internet saat ini menjadi teknologi solutif yang dapat membantu banyak pemecahan masalah, khususnya dalam bentuk tulisan.

Bukan sebuah suatu kesulitan bagi ChatGPT juga untuk membantu para mahasiswa dalam pemecahan tugas di dunia perkuliahan. Fenomena ini menjadi tantangan tersendiri bagi dosen di era yang serba teknologi ini.

Berkaca pada permasalahan inilah, Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Unika Soegijapranata menyelenggarakan workshop “Academic Assessment” untuk para dosen dan tenaga kependidikannya (tendik) pada Jumat, 19 Mei 2023 di Ruang Theater, Gedung Thomas Aquinas (TA) Lantai 3, Kampus 1 SCU Bendan.

Setelah minggu lalu juga menyelenggarakan Workshop “Doliday,” kegiatan lokakarya memahami pembuatan berbagai soal bagi para dosen ini merupakan bentuk perhatian SCU lewat LP3 dalam pengembangan perguruan tinggi di bidang akademis. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan pelatihan kiat-kiat membuat soal dalam model Learning Courses SCU, Supercyber. Ini menjadi kesempatan yang bagus bagi para dosen untuk kembali mereview pengetahuannya dalam pembuatan soal yang lebih sistematis.

Narasumber dalam workshop ini, Dr. Sebastianus Widanarto P.M.Si., selaku Dosen FKIP Universitas Sanata Dharma, menjelaskan bahwa sangat penting untuk dosen mengerti tentang tujuan penilaian suatu materi atau mata kuliah tertentu sehingga dapat menentukan materi. Tujuannya sendiri dapat dilihat dari Learning Outcome, dan penilaiannya tidak terbatas pada teori pengetahuan dari soal saja melainkan bisa melalui refleksi, keterampilan, serta sikap mahasiswa.

Selain Dr. Widanarto, workshop ini juga menghadirkan Prasetyo Utomo, S.Kom, selaku salah satu tendik SCU yang berkesempatan memberikan pelatihan kepada para dosen SCU.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Dr. Berta Bekti Retnawati berharap kegiatan ini akan memberikan manfaat kepada para dosen SCU sehingga mereka dapat mendampingi para mahasiswa dalam setiap perkuliahan yang ada, “kita harus adaptif dan inovatif, … , mari kita melakukan recharging dalam melakukan evaluasi pembelajaran,” tambahnya. [Humas SCU/Hil]