Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Pastikan Kesiapan FKK, ITS Resmikan Laboratorium Anatomi

Pastikan Kesiapan FKK, ITS Resmikan Laboratorium Anatomi

Penandatanganan prasasti peresmian Laboratorium Anatomi oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (dua dari kanan) dan Ketua AIPKI Prof Dr dr Budi Santoso SpOG Subsp FER (dua dari kiri)

Kampus ITS, ITS News – Dalam rangka membuktikan kesiapan fakultas baru yakni Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meresmikan Laboratorium Anatomi, Jumat (26/4). Laboratorium Anatomi ini merupakan salah satu fasilitas penunjang yang sangat penting bagi berdirinya FKK ITS.

Peresmian dilakukan langsung oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng. Dihadiri pula oleh Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Prof Dr dr Budi Santoso SpOG Subsp FER dan sejumlah pimpinan tinggi ITS serta beberapa sivitas akademika ITS.

Dalam sambutan peresmiannya, Rektor ITS mengungkapkan apresiasinya atas keterlibatan Universitas Airlangga (Unair) hingga AIPKI dalam terwujudnya FKK dan Laboratorium Anatomi ini. “Koordinasi intens telah banyak dilakukan antara FKK ITS dan AIPKI untuk bisa mewujudkan Laboratorium Anatomi ini,” tutur Ashari.

Rektor ITS Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menyampaikan sambutan peresmian Laboratorium Anatomi FKK ITS

Lebih lanjut diterangkan, kegiatan peresmian ini merupakan salah satu bentuk komitmen ITS untuk memberikan penyediaan infrastruktur yang lengkap bagi FKK ITS. “Walaupun (FKK) menjadi fakultas termuda, ITS akan terus berupaya menyediakan fasilitas mumpuni untuk menyiapkan dokter terbaik bagi bangsa,” tandasnya optimistis.

Memberikan pernyataan lebih lanjut mengenai Laboratorium Anatomi, Dekan FKK ITS Dr dr Imam Susilo SpPA(K) FISCM MIAP menerangkan bahwa laboratorium ini akan menjadi salah satu bentuk pemenuhan infrastruktur awal yang sangat penting. “Agar proses pembelajaran nantinya dapat didukung dengan kelengkapan yang siap, ini menjadi salah satu langkah awal yang dilakukan ITS,” ujarnya.

Ketua AIPKI Prof Dr dr Budi Santoso SpOG Subsp FER saat memberikan sambutan pada peresmian Laboratorium Anatomi FKK ITS

Sejalan dengan tujuan FKK ITS untuk menjadi fakultas kedokteran yang unggul, penambahan perlengkapan laboratorium akan terus dilakukan untuk menjadikan Laboratorium Anatomi yang sesuai dengan standard yang telah ditetapkan. Menurut Kepala Program Studi Kedokteran ITS dr Sakina MSi, saat ini Laboratorium Anatomi FKK ITS sudah siap dengan fasilitas praktikum, ruang persiapan, hingga ruang embalming bagi mahasiswa. “Kami juga tengah menunggu peralatan pendukung lain yang diperkirakan datang dalam waktu dekat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua AIPKI yang turut memberikan sambutannya mengatakan bahwa langkah peresmian ini diyakini menjadi upaya partisipasi ITS agar nantinya lebih siap ketika sudah menerima mahasiswa. “Laboratorium anatomi merupakan salah satu laboratorium yang akan dibutuhkan sejak semester awal, sehingga eksistensinya sangat penting,” paparnya.

Rektor ITS Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dan Ketua AIPKI Prof Dr dr Budi Santoso SpOG Subsp FER ikut meninjau langsung Laboratorium Anatomi FKK ITS yang diresmikan

Peresmian Laboratorium Anatomi ini diharapkan bisa menjadi harapan baru untuk terus meningkatkan kualitas FKK ITS nantinya. “Dibangun oleh seorang dokter, ITS ingin melanjutkan kontribusi ini agar kolaborasi teknologi dan dunia kedokteran dapat terus bersinergi,” pungkas Ashari bersemangat. (HUMAS ITS)

 

Reporter: Faadhillah Syhab Azzahra