Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa FTAN UMJ Kuliah Lapangan ke Balai Penelitian Tanaman Sayur di Lembang

Mahasiswa FTAN UMJ Kuliah Lapangan ke Balai Penelitian Tanaman Sayur di Lembang

Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta mengunjungi Balai Penelitian Tanaman Sayur (BALISTA) di Lembang, Bandung, Kamis (25/05/2023). Balai yang kini dikenal dengan nama Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Sayur (BPSITS) menjadi tujuan bagi 52 mahasiswa FTAN dalam rangka kuliah lapangan untuk memenuhi penilaian praktikum.

Pada kesempatan tersebut, Dekan FTAN UMJ, Ir. Sularno, M.Si., mengatakan bahwa kunjungan tersebut dapat menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa seputar budidaya tanaman sayur. “Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan wawasan mengenai cara pengolahan hasil tanaman tersebut, sehingga memiliki kualitas yang baik dan berdaya saing untuk dipasarkan atau marketable,” ungkap Sularno.

Baca Juga : Dekan FTAN UMJ Temukan Potensi Ketahanan Pangan

Mahasiswa didampingi oleh para dosen selama kegiatan kunjungan berlangsung. Selain praktikum, FTAN UMJ juga menyepakati kerja sama dengan BPSTIS Lembang yang diharapkan dapat memberikan peluang bagi mahasiswa FTAN UMJ untuk melakukan magang atau penelitian.

Ir. Sularno., M.Si., didampingi dan Dr. Noor Roufiq Ahmadi, STP., MP., beserta civitas akademika FTAN UMJ seusai penandatanganan Perjanjian Kerja Sama di Gedung BPSITS Lembang, Bandung, Kamis (25/05/2023).

Kedatangan civitas akademika FTAN UMJ disambut oleh Dr. Noor Roufiq Ahmadi, STP., MP., Kepala BPSITS Lembang. Ia berharap melalui kegiatan tersebut, mahasiswa dapat memahami cara budidaya tanaman sayur. “Adik-adik mahasiswa bisa melaksanakan magang atau penelitian. Kolaborasi antara BPSITS dengan mahasiswa dan dosen sangat dibutuhkan,” ungkap Roufiq.

Roufiq menuturkan kolaborasi BPSITS dengan perguruan tinggi dapat mendorong adanya penemuan-penemuan baru misalnya skema maupun cara untuk meningkatkan atau memperbaiki budidata tanaman sayur. (DN/KSU)