Kamis, 18 April 2024
Perguruan Tinggi

Arca – Hasna Dilantik Sebagai Presiden dan Wakil Presiden BEM-KBM UNIB

Arca – Hasna Dilantik Sebagai Presiden dan Wakil Presiden BEM-KBM UNIB

PASANGAN Arca Wijaya (Fakultas Pertanian 2019) dan Raudhatul Hasna (FKIP 2019) yang disingkat Arca – Hasna, resmi dilantik sebagai Presiden dan  Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa (BEM-KBM) UNIB tahun 2023.

Suasana pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan pengurus BEM-KBM UNIB hikmat.(foto:ist)

Acara pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan berlangsung secara hikmat di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB, Jumat (26/5/2023). Pelantikan dilakukan Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum.

Tampak hadir pada acara ini antara lain Kepala Biro Perencanaan, Pembelajaran dan Kemahasiswaan (PPK) UNIB Ir. Titin Rahmawati, M.Si, Koordinator pada Bagian Kemahasiswaan Soffiyeti Ernaini, S.H, Sub Koordinator pada Sub Bagian Kesejahteraan Mahasiswa Febrianti Prihatin, S.E,  Sub Koordinator pada Sub Bagian Minat, Penalaran dan Informasi Kemahasiswaan Suyanto, S.H, para Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dari beberapa fakultas, serta  penyelenggara Pemilihan Umum Raya (Pemira) BEM KBM UNIB 2023.

Presiden dan Wakil Presiden serta kabinet BEM-KBM UNIB 2023.(foto:ist/hms1)

Pasangan Arca – Hasna merupakan peraih suara terbanyak pada Pemilihan Umum Raya (Pemira) tahun 2023. Pada pemungutan suara secara langsung yang di laksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) UNIB tanggal 16 Februari 2023 lalu, pasangan calon nomor 1 Arca – Hasna berhasil mengungguli perolehan suara pasangan calon Presma – Wapresma nomor 2 Lanai Damkuba (FH 2019) dan Zinedine Ade Putra (FKIP 2019).

Setelah melalui berbagai dinamika yang diharapkan menjadi proses pematangan demokrasi di kalangan mahasiswa, akhirnya Arca – Hasna ditetapkan dan telah resmi dilantik sebagai Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa UNIB.

Pengangkatan Arca – Hasna sebagai Presma dan Wapresma UNIB tertuang dalam Keputusan Rektor UNIB tanggal 22 Mei 2023. Selain Arca dan Hasna, juga diangkat dan dilantik para Pengurus BEM-KBM UNIB lainnya yang daftar namanya dapat dilihat pada bagian akhir berita ini.

Pengurus BEM-KBM UNIB 2023 kompak bersama Wakil Rektor III dan Biro PPK.(foto:hms1)

Wakil Rektor UNIB Bidang Kemahasiswaan Dr. Candra Irawan mengucapkan selamat kepada pasangan Arca – Hasna yang telah resmi mengemban amanah sebagai Presma dan Wapresma. Semoga dengan komposisi kepengurusan BEM-KBM UNIB yang baru ini dapat segera meningkatkan roda organisasi mahasiswa dan menyemarakan kegiatan kemahasiswaan sesuai dengan visi misi yang diusung pada saat pencalonan.

“Sebagai mitra pimpinan universitas, diharapkan kepada Presma dan Wapresma serta para pengurus BEM-KBM UNIB lainnya untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam melaksanakan program-program bidang kemahasiswaan yang telah ditetapkan pada tingkat universitas. Program-program tersebut diharapkan dapat berjalan sesuai target, sehingga mampu berkontribusi dalam peningkatan capaian IKU (Indikator Kinerja Utama) pimpinan universitas,” ujar Dr. Candra Irawan.

Kepada mahasiswa-mahasiswa penyelenggara Pemira beserta unsur-unsurnya dan pihak terkait lainnya, Dr. Candra Irawan mengucapkan terimakasih karena meskipun banyak dinamikanya namun pada akhirnya Presma dan Wapresma beserta para pengurus BEM-KBM UNIB lainnya bisa dilantik pada hari ini.

“Semoga penyelenggaraan Pemira 2023 dapat menjadi pengalaman berharga untuk mengasah kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam berdemokrasi, sehingga ke depan UNIB menjadi kampus yang melahirkan insan cendikiawan berjiwa demokratis dan menjadi pemimpin-pemimpin hebat yang membawa kemajuan bagi Bangsa dan daerah pada masa akan datang,” ucapnya.

Pengurus BEM-KBM UNIB dan Penyelenggara Pemira swafoto bersama dengan Wakil Rektor III, Biro PPK dan para Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dari beberapa fakultas.(foto:hms1)

Sekedar mengingatkan, pada acara debat kandidat sekaligus paparan visi dan misi pasangan calon Presma dan Wapresma jelang Pemira bulan Februari lalu, pasangan Arca – Hasna dengan tagline  Graha Kencana (Gerak Perubahan Kerja Nyata Arca – Hasna), mengusung visi “BEM KBM UNIB sebagai Poros Ragam Gerak Pembaharuan dari UNIB untuk Indonesia.”

Dari visi tersebut, Arca – Hasna memiliki empat Misi yaitu : 1) Gerak Pembaharuan, berfokus pada pembaharuan manajemen organisasi yang harmonis, mendorong kreasi Ide dan gagasan demi pengembangan potensi mahasiswa, dan 2) Gerak Tuntas, berfokus untuk membangun gerakan mahasiswa dalam bingkai kolaborasi bermakna berlandaskan moralitas dan pemahaman yang tuntas.

Kemudian, 3) Gerak Optimal, yang berfokus pada upaya pelayanan yang optimal atas kebutuhan, keresahan dan harapan KBM UNIB, dan 4) Gerak Bermakna, untuk menjadi inisiator gerakan sosial dan pengabdian masyarakat yang responsif, solutif dan bermakna.

Lalu pasangan ini juga menyebutkan ada empat program unggulannya, yaitu Rumah Akselerator, Garda Muda Rafflesia, Gerai Advokasi dan Bakti Rafflesia.

Selamat, semoga Arca – Hasna mampu melaksanakan visi dan misi serta program unggulannya bagi kemajuan BEM-KBM UNIB dan mendorong terwujudnya UNIB Unggul untuk Indonesia Optimis ! [Penulis : Purna Herawan. Editor : Nursihati/Humas].

Susunan Pengurus BEM-KBM UNIB Tahun 2023

  1. Arca Wijaya (FP) : Presiden Mahasiswa
  2. Raudhatul Hasna (FKIP) : Wakil Presiden Mahasiswa
  3. Muhammad Fadhil Rizqullah (FISIP) : Sekretaris Kabinet 1
  4. Tiara Juliani (FKIP) : Sekretaris Kabinet 2
  5. Lessita (FEB) : Bendahara Kabinet
  6. Rifke Radea Miftahulianah (FMIPA) : Kepala Biro Internal
  7. M. Khairul Insanny (FT) : Menteri Ekonomi dan Bisnis
  8. Popika Ramadania (FKIP) : Menteri Pendidikan Karakter dan Kepemimpinan
  9. Yena Harmelayanti (FMIPA) : Menteri Pengembangan Kreativitas Mahasiswa
  10. Amudasub Zaulajad (FP) : Menteri Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa
  11. Kartika Meilull Jannah (FISIP) : Menteri Media dan Informasi
  12. Billy Sumantri (FISIP) : Menteri Politik dan Kajian Strategi
  13. Aan Satria Novanda (FH) : Menteri Sosial Masyarakat
  14. Wahyu Nur Inayati (FEB) : Menteri Pemberdayaan Perempuan
  15. Nanda Dwiaryanto (FP) : Menteri Dalam Negeri
  16. Dimas Heriyadi (FH) : Menteri Luar Negeri
  17. Marfu’ah Darodjah (FP) : Menteri Lingkungan Hidup.