Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Humas Untirta Bersinergi Peluasan Informasi Kehumasan di Banten

Humas Untirta Bersinergi Peluasan Informasi Kehumasan di Banten

Serang- Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten mengadakan Forum Group Discussion Kehumasan dengan para insan Humas Pemerintah dan Lembaga terkait di lingkungan Provinsi Banten. Dalam kegiatan Sinergi Perluasan Informasi Pembangunan dan Pemerintahan untuk Masyarakat Banten yang Makin Terliterasi ini dihadiri oleh Veronika Dian Faradisa selaku Koordinator Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (HUMAS UNTIRTA ) sekaligus Anggota PPID Untirta. Forum Kehumasan Provinsi Banten. Yang digagas oleh Diskominfo bertempat di Aula Diskominfo Provinsi Banten, pada Rabu 24 Mei 2023 dihadiri 47 peserta dari berbagai Humas Pemerintahan, Lembaga dan Perbankan melahirkan kesepakatan pertukaran informasi dan sinergitas kehumasan.

Dalam sambutannya Plt Kepala Dismkominfo Provinsi Banten, Nana Suryana mengapresiasi para Humas yang hadir dan meminta agar koordinasi para humas lintas lembaga terjalin dengan baik dan perlu membangun komunitas agar pertukaran dan perputaran informasi pembangunan dan literasi kepada masyarakat berjalan. Sinergitas Kehumasan semua OPD akan ditunjang kedepan pasca forum ini diselenggarakan. Dengan adanya PPID di berbagai OPD sangat membantu keterbukaan informasi kepada publik. Informasi positif sangat penting untuk tujuan mulia dengan meluruskan sebuah informasi di pusaran publik yang dapat dengan mudah didapat terutama yang belum terverifikasi sumber informasinya. Tugas dan peran Humas sangat dibutuhkan untuk mencerdaskan masyarakat dengan banyaknya tsunami informasi, tutur Nana.

Sejalan dengan Nana, Idi Dimyati narasumber dari unsur Akademisi, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa memaparkan bahwa kini Humas mengalami distrupsi informasi seiring berkembangnya teknologi informasi yang begitu besar. Bagaimana menyeleksi informasi yang sifatnya serentak dan global sebagai tantangan komunikasi publik yang dihadapi oleh Humas. Idi menyampaikan bahwa setiap orang adalah Humas untuk memberikan value bagi dirinya dan intansinya. Bagaimana Humas memenej informasi baik internal maupun eksternal disalurkan kepada informasi yang tersedia di intansinya .

Sementara itu Epi Rustam Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Banten mengatakan Humas berperan strategis terhadap isu yang berkembang di masyarakat . ‘Menghadapi Pemilu 2024 memiliki kerawanan yang harus diantisipasi dengan informasi yang masif sebagai penguatan pendidikan politik bagi kelompok pemuda, karena proporsi pemilih pemuda berpotensi meluas akan kerawanan keamanan. Humas berperan sebagai pengelola informasi publik sangat memahami bagian dan saluran informasi yang terbuka disampaikan kepada publik sesuai dengan jenisnya’ pungkas Epi. (VDF)