Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Ayo Menulis, Ini Wadahnya

Ayo Menulis, Ini Wadahnya

*) admin

Untuk menggairahkan hobi menulis (bagi sebagian siswa mungkin memunculkan kembali bakat menulisnya), SMA Negeri 4 Bengkulu Utara yang dimotori Tim Redaksi Website Sekolah untuk pertama kalinya mengadakan kegiatan yang bertajuk “Sayembara Menulis Artikel Budaya Daerah Khusus Siswa SMA Negeri 4 Bengkulu Utara”.Kegiatan ini diselenggarakan mulai 26 Mei 2023 sampai dengan 10 Juni 2023. Sayembara ini bersifat khusus dan umum. Bersifat khusus artinya bahwa kegiatan sayembara ini hanya dalam ruang lingkup SMA Negeri 4 Bengkulu Utara. Sementara Umum artinya kegiatan ini boleh diikuti oleh seluruh siswa tanpa melihat jenjang dan jenis kelamin peserta.

Menurut Kepala SMA Negeri 4 Bengkulu Utara, Susmiyarti, S.Pd., M.Pd., kegiatan ini memiliki manfaat yang besar, tidak saja bagi individu siswa, tetapi juga bermanfaat bagi sekolah. Menurut beliau (mengutip dari pendapat Suyono dalam https://bbpmpjatim.kemdikbud.go.id/), beberapa manfaat yang bisa diperoleh diantaranya :

A. Siswa
1. Menulis menantang siswa untuk mengaitkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru. Sebagai pembelajar, seorang siswa pastinya telah memiliki pengetahuan tentang sesuatu. Seberapapun kecilnya, pengetahuan itu sudah dapat menjadi modal untuk menulis. Ketika mereka ditantang untuk menulis, maka mereka ditantang untuk menggali lebih banyak tentang pengetahuan yang mereka miliki. Di sinilah terjadi aktivitas mengaitkan pengetahuan baru dengan pengetahuan lama
2. Menulis menantang siswa menyelidiki dan memahami sesuatu secara mendalam. Kegiatan menyelidiki ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya membaca, melakukan pengamatan, wawancara, penelitian, dan kegiatan lainnya.
3. Menulis menantang siswa mendemonstrasikan pemahamannya mengenai suatu hal. Pengalaman mendemonstrasikan ini sekaligus mengondisikan siswa untuk menata gagasan-gagasan dan bukti secara teratur.
4. Menulis menantang siswa lebih banyak membaca. Sebab, untuk membuat tulisan yang kaya, dibutuhkan banyak bahan yang diperoleh dari membaca. Selain dapat mengembangkan gagasan dan memiliki informasi yang banyak, dengan membaca pula, siswa akan terdorong untuk berpikir.
5. Menulis menantang siswa belajar menjelaskan sesuatu secara runtut dan logis agar dapat dipahami pembaca.

B. Sekolah
Kegiatan sayembara menulis merupakan bagian pelaksanaan gerakan literasi yang harus dilaksanakan oleh sekolah dan kalau memungkinkan menjadi agenda rutin sekolah.

Mengenai teknis pelaksanaan sayembara, menurut koordinator tim redaksi website sekolah sudah dijelaskan secara terperinci dalam brosur atau pamflet yang disebar melalui kanal-kanal media sosial terutama website sekolah yaitu sman4-bentara.sch.id
Masih menurut koordinator tim, kegiatan ini diharapkan menjadi wadah menulis bagi penulis pemula untuk mencurahkan kemampuan terbaiknya.

Selamat mengikuti lomba!Selamat berjuang