Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Jejak Gemilang SMA Muhammadiyah Bantul Semakin Go Internasional

Berdasarkan release 26 Mei 2023, siswa SMA Muhammadiyah Bantul kembali melangkah dengan jejak gemilang di ajang penelitian internasional. Tim Peneliti SMA Muhammadiyah Bantul turut meramaikan lomba International Young Scientist Assosiasion (ISYA). ISYA merupakan ajang bergengsi para peneliti muda dan bertujuan agar peneliti muda dapat mengintegrasikan ilmu pengetahuan dengan ilmu agamanya.

ISYA diselenggarakan di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung pada 23-27 Mei 2023. Sebanyak 321 tim peneliti dari 14 negara, seperti Indonesia, Thailand, Korea Selatan, India, dan beberapa negara lainnya memberikan parsisipasinya dalam ISYA. ISYA membidik para peneliti muda untuk mengembangkan keterampilan berpikir ilmiah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dan mahasiswa dalam bidang penelitian.

Tim Peneliti SMA Muhammadiyah Bantul menyabet Silver Medal dalam ajang penelitian yang diselenggarakan oleh ISYA. Tim Peneliti SMA Muhammadiyah Bantul mengusung penelitian berjudul “N-VY APP: Maternal and Child Health Application as a Health Monitoring Media and Educational Tool for Parents and Children”. N-VY App merupakan aplikasi kesehatan ibu dan anak sebagai media monitoring kesehatan dan sarana edukasi bagi orang tua dan anak. Berlatar belakang dari banyaknya kegagalan dalam tumbuh kembang seorang anak yang terjadi di Indonesia karena kurangnya edukasi bagi orang tua, Tim Peneliti SMA Muhammadiyah Bantul berinovasi untuk mempermudah pengecekan dan petunjuk kesehatan modern berbasis aplikasi yang nantinya dapat diakses secara luring agar dapat diakses di berbagai pelosok.

Vonny Rizanti Syairtha, Norma Nisa Yuny Fajar Ayu, dan Aisyah Naila Basuki semakin solid. Mereka patut berbangga hati karena kembali mengharumkan nama baik SMA Muhammadiyah di ajang internasional. Sukses selalu untuk Tim Peneliti SMA Muhammadiyah Bantul! SMA Muhamamdiyah Bantul berkarakter dan berprestasi!