Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

UIN SU Top Score SINTA Ranking -1 UIN se-Indonesia

UIN SU Top Score SINTA Ranking -1 UIN se-Indonesia

Medan, (UIN SU)
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan menjadi top score atau menempati ranking satu di jurnal Science and Technology Index (Sinta) di UIN se-Indonesia. Hal ini merupakan wujud peningkatan publikasi ilmiah terkait hasil riset dan kajian-kajian ilmu pengetahuan dan studi Islam di kampus Islam negeri terbesar di Sumut ini.

Demikian disampaikan Rektor UIN SU Medan Prof Dr Nurhayati, M.Ag terkait prestasi membanggakan bisa publikasi akademis di lembaga publikasi bergengsi tersebut. “Alhamdulillah, ini salah satu keberkahan lainnya, UIN SU Medan menjadi top score di Sinta.

Ini merupakan capaian positif dan membanggakan, diharapkan bisa memacu seluruh sivitas kampus untuk meningkatkan volume dan kualitas publikasi ilmiah dan hasil-hasil kajian studi dalam berbagai bidang yang dikaji serta diulas di UIN SU Medan,” ujar Prof Nurhayati di Medan, Jumat (26/5).

Ia memaparkan, score yang diraih UIN SU di situs tersebut, yakni 45.410 untuk Sinta Score 3 Yr. Lalu Sinta Score untuk keseluruhan ialah 71.848. Angka ini bahkan mengalahkan dan melampaui UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta di posisi kedua dengan 44.689 Sinta Score 3 Yr dan di posisi ketiga yaitu UIN Raden Intan Lampung dengan 33.479 Sinta Score 3 Yr.

Atas pencapaian ini, Rektor UIN SU Medan mendorong kepada seluruh dosen, mahasiswa dan semua sivitas untuk semangat dan termotivasi menerbitkan jurnal-jurnal ilmiah yang bernas. Menyebarkan lebih luas dalam publikasi terkait dengan hasil kajian, di antaranya tentang islamic sciense dan islamic studies yang banyak diulas di kampus Islam negeri ini.

Rektor juga sampaikan terima kasih kepada seluruh author dari UIN SU yang tetap konsisten menerbitkan jurnal-jurnal ilmiah. Sehingga juga meningkatkan jumlah publikasi dari kampus UIN SU dan menjadi top score melampaui kampus-kampus Islam ternama lain. “Diharapkan ke depan, publikasi ilmiah kita terus meningkatkan,” pungkasnya.(Humas)