Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Untuk Apa Self-Harm Kalau Bisa Self-Love?

Untuk Apa Self-Harm Kalau Bisa Self-Love?

Talkshow Unit Konseling Mahasiswa Bimawa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bertajuk Self-Harm dan Self-Love dengan pemateri dr. Widea Rossi Desvita, Sp.K.J. (Foto: Istimewa)

Self-harm adalah perilaku menyakiti diri sendiri atau sebagai tindakan seseorang untuk melukai diri sendiri dengan berbagai cara, biasanya dilakukan untuk mengatasi tekanan mental emosional atau upaya menyalurkan rasa sakit emosional. Self-harm adalah kondisi mendesak yang perlu intervensi segera karena merupakan koping maladaptif untuk menghadapi situasi penuh tekanan dan melawan emosi buruk yang dapat mengarah pada ide bunuh diri.

Berhubungan dengan hal ini, dr. Widea Rossi Desvita, Sp.K.J. yang merupakan dosen Fakultas Kedokteran UAD sekaligus dokter spesialis jiwa RS PKU Muhammadiyah Bantul, berkesempatan menjadi pemateri dalam acara Talkshow Unit Konseling Mahasiswa Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan (PKK) Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Mengangkat tema “From Self-Harm to Self-Love”, acara tersebut disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube BIMAWA UAD.

Widea mengawali presentasinya dengan menjelaskan betapa bahayanya tindakan self-harm jika terus-menerus dilakukan. “Kondisi ini merupakan kondisi yang urgen, butuh intervensi karena berbahaya. Bisa jadi awalnya hanya ingin menyakiti tetapi lama-lama bisa muncul ide-ide seperti bunuh diri,” tuturnya.

Bentuk Perilaku Self Harm

Self-harm atau tindakan menyakiti diri sendiri dapat berupa dilakukan dengan berbagai cara. Lazimnya, cara yang dilakukan untuk self-harm dapat berupa cutting (sengaja menyakiti dirinya sendiri) dengan tindakan mengiris diri sendiri, membuat goresan, menyayat atau melukai salah satu bagian tubuhnya dengan benda tajam, seperti pisau, silet, atau potongan kaca. Adapun cara lainnya, seperti membakar, menggigit hingga berdarah, meninju hingga memar, menggores atau menggaruk kulit hingga berdarah, mencabut rambut paksa, membenturkan kepala atau bagian tubuh lainnya ke dinding hingga memar, dan sebagainya.

“Memang yang paling sering datang ke tempat praktik itu adalah yang mengiris-iris tangannya. Namun ada juga yang kemudian dengan api dibakar-bakar karena ia ingin merasakan sensasi panasnya di situ,” jelasnya.

Kelompok Rentan

Secara epidemologi, Indonesia menurut data survei YouGov Omnibus pada Juni tahun 2019 menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga setara dengan 36,9% orang Indonesia pernah melukai diri sendiri dengan sengaja. Dari persentase tersebut, prevalensi tertinggi ditemukan pada kelompok usia 18‒24 tahun. Dalam hal ini remaja ditemukan lebih tinggi terhadap perilaku self-harm.

“Ini sesuai karena memang pasien-pasien saya yang melakukan self-harm ini kebanyakan rentang usianya di antara 18‒24 tahun,” tandasnya.

Menurut Widea, remaja merupakan usia-usia yang masih labil. Anak-anak usia remaja belum memiliki pengalaman menghadapi permasalahan-permasalahan kehidupan. Maka dalam menghadapi masalah yang ada, para remaja cenderung mengambil jalan pintas yang sifatnya sementara, seperti melakukan tindakan self-harm. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak hal, di antaranya adalah hilangnya figur-figur yang dapat dicontoh, hingga adanya penetrasi muatan-muatan negatif di media sosial.

Selain remaja, ada beberapa orang dengan risiko tinggi yang berkemungkinan besar dapat melakukan self-harm. Mereka adalah lansia, individu dengan fungsi imunitas yang terganggu, dan individu dengan masalah medis, psikiatrik, atau pengguna zat yang sudah ada sebelumnya.

Lantas, Mengapa Seseorang Melakukan Self-Harm?

Ditinjau dari aspek psikologi dan neurobiologi, ada 4 alasan yang mendasari seseorang melakukan tindakan self-harm.

Pertama, self-harm dilakukan untuk mengalihkan perasaan marah, cemas, dan depresi. Efek yang ditimbulkan adalah pelaku self-harm akan merasa hampa dan mati rasa.

Kedua, self-harm dilakukan untuk mengungkapkan rasa sakit yang sulit disampaikan pada orang lain atau justru dengan sengaja menghindari pengungkapan pada orang lain.

Ketiga, pada saat seseorang memendam emosi negatif seperti sedih atau marah, bagian otak yang berfungsi sebagai pusat pertimbangan (prefrontal cortex) dibajak oleh otak insting (amigdala) sehingga menimbulkan tindakan impulsif. Pada saat seseorang mengalami emosi tinggi, amigdala membajak stimulus sebelum sampai ke cortex (prefrontal cortex) sehingga muncul reaksi impulsif dengan mengabaikan logika.

Keempat, pada saat seseorang melukai diri sendiri maka hal tersebut dapat memicu kenaikan endorfin yang memberikan efek kegembiraan dan antinyeri. Selain itu, hormon dopamin juga akan meningkat hingga bisa memberikan efek kegembiraan dan tantangan. Hal inilah yang menyebabkan self-harm dapat bersifat adiksi (nagih) bagi para pelakunya.

Faktor Risiko Self-Harm

Ada beberapa faktor yang memengaruhi seseorang melakukan tindakan self-harm, di antaranya adalah sebagai berikut.

Faktor dari Dalam Individu

Faktor ini berkaitan dengan psikologis dan kepribadian seseorang. Psikologis dapat berupa depresi atau stres. Sedangkan kepribadian dapat berupa rasa kesepian, tingkat kesulitan yang tinggi dalam menanggapi pengalaman negatif, dan rendahnya toleransi dalam menghadapi masalah.

Faktor dari Luar Individu

Faktor ini berkaitan dengan lingkungan, baik lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan, hingga lingkungan sekitar. Faktor lingkungan dapat berupa tumbuhnya seseorang di dalam keluarga yang kacau, kurangnya kasih sayang orang tua, pernah mengalami kekerasan, komunikasi yang kurang baik, tidak dianggap keberadaannya, merasa diremehkan, adanya tuntutan berlebihan dari orang sekitar, hingga lingkungan pertemanan yang toksik.

Bagaimana Mengatasi Self-Harm?

Self-harm memang dapat menimbulkan efek kecanduan bagi pelakunya. Namun, ada cara-cara yang dapat dilakukan untuk dapat secara bertahap menghilangkan keinginan untuk melakukan self-harm, di antaranya adalah sebagai berikut.

Bicarakan dengan Orang Terdekat

Dalam kondisi seperti ini, pelaku self-harm sangat membutuhkan orang lain. Berceritalah kepada orang yang dapat memberikan rasa nyaman. Bila kesulitan menemukan orangnya, cara lainnya adalah tuliskan atau rekam apa yang sedang dirasakan guna menciptakan efek lega.

Kenali Kondisi Diri

Sangat penting untuk mengenali situasi dan kondisi apa yang memicu seseorang melakukan self-harm. Singkirkan benda tajam atau benda lain yang bisa atau biasa digunakan untuk melukai diri. Bila dorongan self-harm timbul, alihkan perhatian dan keluarlah dari ruangan untuk melihat suasana lain.

“Kita perlu peduli dengan kondisi diri kita. Kalau memang sangat mengancam, hindarilah untuk sendirian, carilah teman, dan menyingkirkan benda-benda yang bisa membahayakan diri kita,” jelas Widea.

Ekspresikan Emosi Negatif dengan Cara Tidak Destruktif

Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan menangis, memukul kasur, membanting bantal, berteriak (bila situasi dan kondisi memungkinkan), merobek-robek dan meremas kertas, serta mengguyur badan dengan air. Hal-hal tersebut dilakukan untuk mengeluarkan emosi negatif supaya bisa terekspresikan tanpa merusak diri.

Carilah Alternatif Pengganti

Alih-alih melakukan self-harm, lakukanlah aktivitas fisik seperti lari-lari kecil di tempat, mencoret-coret apa pun di kertas, menulis, bermain gitar, mendengarkan murotal/musik atau aktivitas relaksasi lainnya.

Segera Cari Bantuan Profesional

“Jangan ragu-ragu untuk mencari bantuan kepada profesional. Kalau sudah tidak sanggup menahan, maka temuilah psikolog klinis atau psikiater,” tuturnya.

Psikolog klinis dan psikiater akan melakukan pemeriksaan psikologi dan psikiatri untuk bisa melakukan pengelolaan secara komprehensif. Bila perlu psikiater akan memberikan psikofarmaka (obat-obatan) untuk memperbaiki neurotransmitter di otak yang berpengaruh pada emosi negatif.

Atasi Self-Harm dengan Self-Love dan Self-Care

Self-love dan self-care memiliki peran penting agar seseorang bisa memelihara hidup yang baik untuk kesehatan fisik dan jiwanya. Self-care memberi ruang untuk “lari” (muhasabah) dari segala rutinitas sehingga seseorang akan mempunyai hubungan yang sehat dengan diri sendiri. Sedangkan, self-love atau mencintai diri sendiri berarti perasaan ikhlas menerima segala hal yang dimiliki. Secara umum, self-love adalah tentang penerimaan diri, penguasaan diri, dan rasa hormat kepada diri sendiri. Hal inilah yang akan menjadi kekuatan dalam melangkah menjalani hidup sehingga kehidupan akan menjadi damai, bahagia, dan bermanfaat.

Menyingkirkan pemikiran untuk melakukan self-harm atau bahkan mengganti tindakan self-harm dengan self-love tentu bukanlah sesuatu yang mudah. Perlu adanya dukungan dari lingkungan yang kondusif dan suportif. “Prosesnya tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi bukan sesuatu yang tidak mungkin. Artinya, butuh kesadaran bahwa ini perilaku yang merugikan, butuh dukungan dari lingkungan sekitar. Jadi tentu proses itu butuh niat, proses itu butuh waktu, nah waktunya berapa lama? Itu memang bervariasi,” jelas Widea.

Lebih lanjut, momen puasa Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk mulai menerapkan self-love. Puasa diketahui dapat meningkatkan hormon otak, yaitu BDNF (brain derived neurotrophic factor) yang bisa memberikan perlindungan pada otak dari beragam kerusakan dan menjaga kesehatannya. “Karena salah satu efek bagus dari puasa menurut penelitian, ia akan meningkatkan protein yang baik atau BDNF di otak kita di mana BDNF ini akan meningkatkan neuroplastisitas sehingga membuat kita lebih tahan terhadap stres dan membuat otak kita lebih sehat,” tambahnya.

Kepuasan yang didapatkan dengan melakukan self-harm sifatnya hanya sementara. Banyak dari pelaku self-harm yang kemudian menyesali perbuatannya di kemudian hari. Sedangkan self-love dan self-care sifatnya berkepanjangan. Kegiatan ini dapat memunculkan kebiasaan positif baru yang dapat memperbaiki kualitas kehidupan dalam waktu yang lama.

“Maka teman-teman, cintailah diri kita. Tindakan yang merugikan diri sendiri, yang melukai diri sendiri, bukanlah sesuatu hal yang baik untuk bisa digunakan dalam menghadapi ujian kehidupan. Bukan merupakan solusi akhir atau solusi tuntas dari kesulitan akan ujian kehidupan yang kita hadapi. Karena itu, teman-teman untuk bisa mencintai diri sendiri, teruslah belajar karena kehidupan ini adalah pelajaran tanpa akhir. Dengan belajar maka kita akan selalu menaikkan level diri kita, menaikkan level berpikir kita, menaikkan kapasitas, sehingga kita bisa menjadi manusia yang kuat karena kehidupan itu memanglah ujian. Ujian itu tidaklah ada artinya setelah kita belajar bahwa ada suatu tujuan hidup yang sangat luar biasa yang akan kita temukan dan menjadikannya kekuatan untuk kita menjalani hidup ini dengan baik. Menjadi manusia yang baik, menjadi manusia yang berbahagia, dan tentunya menjadi manusia yang bermanfaat,” tutupnya. (Lid)

uad.ac.id