Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Program Kampus Mengajar Ajak Mahasiswa Tingkatkan Literasi Numerasi di Sekolah

Program Kampus Mengajar Ajak Mahasiswa Tingkatkan Literasi Numerasi di Sekolah

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan diri melalui program “Kampus Mengajar” Angkatan 6. Program yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ini memberikan tawaran kepada mahasiswa untuk menjadi mitra guru dan memberikan pembelajaran bagi siswa di tingkat sekolah dasar dan menengah.

Kepala Program Kampus Mengajar dan PMM Pusat Kemendikbudristek RI Asri Aldila Putri, M.Si menyampaikan bahwa banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari program ini, baik untuk mahasiswa maupun siswa di sekolah. Hal ini disampaikannya pada “Sosialisasi Kampus Mengajar Angkatan 6” yang dilaksanakan di Bale Sawala pada Jum’at (26/5/2023).

Asri menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara dengan tingkat literasi numerasi yang cukup rendah. Oleh karena itu, tujuan Kampus Mengajar adalah untuk membantu adik-adik di tingkat sekolah dasar dan menengah agar angka literasi numerasinya dapat meningkat.

“Kehadiran mahasiswa sangat membantu. Yang tadinya siswa tidak bisa membaca, tidak dapat memahami apa yang mereka baca, selama intervensi selama beberapa minggu saja hasilnya sangat signifikan,” ujar Asri.

Melalui kegiatan Kampus Mengajar, mahasiswa ikut serta menjadi bagian dari perubahan dalam pendidikan di Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan potensi dan kompetensi, baik itu hard skills maupun soft skills yang diharapkan dapat menjadi bekal ketika turun ke dunia profesional.

“Kemudian, akan mendapatkan peningkatan baik hard skills maupun soft skills sebagai bekal di dunia profesional,” kata Asri.

Tidak hanya bagi mahasiswa, Kampus Mengajar juga memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa yang ada di sekolah penempatan. Sekolah akan mendapatkan bantuan dalam pembelajaran literasi numerasi serta akan mendapatkan bantuan adaptasi teknologi.

Kampus Mengajar Angkatan 6 membuka kesempatan untuk 21.500 mahasiswa di seluruh Indonesia. Tidak hanya mahasiswa dari program studi kependidikan saja, mahasiswa dari program studi apapun dapat bergabung di Kampus Mengajar.

Masa pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 6 berlangsung dari 8 Mei – 4 Juni. Mahasiswa peserta Kampus Mengajar tidak hanya dapat bertugas di tingkat SD dan SMP saja, tetapi bisa juga bertugas di SMK. (arm)*