Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Kemah Besar Kelas VII Kepanduan Hizbul Wathan (HW) MTs Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023.

Yogyakarta (MTs Muhammadiyah Karangkajen) Telah melaksanakan Kemah Besar Kelas VII Kepanduan Hizbul Wathan (HW) MTs Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023 di Buper Gondang 2 Indah yang dilaksanakan Pada Rabu-Kamis, (24-26/5/2023).

Pelepasan Peserta Kemah oleh Kepala Madrasah Badrudin ARK, S.Ag.,M.S.I. yang dalam sambutannya bahwa dalam pelaksanaan Kemah ini banyak pelajaran yang akan didapat maka siswa-siswi harus disiplin mengikuti kegiatan kemah ini sehingga dapat “membentuk pengenal yang aktif, kreatif, trampil, humanis dan cinta damai”. Sambutan diakhiri dengan memimpin do’a keselamatan dan memohon keberkahan untuk seluruh peserta kemah besar kelas VII.

Peserta kemah mengemasi semua barang kemudian ditaruh di Bus yang akan mengantar peserta ke lokasi kemah. Setelah semua barang siap peserta kemah melakukan perjalanan dari MTs Muhammadiyah karangkajen menuju Buper Gondang 2 Indah menggunakan armada lima bus dan satu truk selama 40 menit perjalanan.
Semua peserta kemah tiba di lokasi kemah Buper Gondang 2 Indah kemudian membereskan semua peralatan yang dibawa sesuai regu masing-masing. Semua peserta di kumpulkan dilapangan untuk mendapatkan arahan dan intruksi dari Pembina Kepanduan Hizbul Wathan Syaiful Nur Aziz, S.Pd. dalam arahanya menyampaikan bahwa “berangkat senang, dalam proses kemah juga senang dan pulang kemahpun harus senang” Setelah menerima arahan dan intruksi peserta kemah di bubarkan kemudian setiap regu mendirikan tenda perkemahan dilanjutkan masak untuk makan siang.

Setelah melaksanan sholat duhur barulah peserta kemah melaksanakan serangkkaian kegitan kemah pada hari pertama yaitu dari lomba menyanyikan lagu daerah, lagu Bahasa Ingris, dan pentas tari tradisional untuk perwakilan kelas kegiatan ini sampai sore sehingga ada regu yang ikut perlombaan ada juga anggota regu yang mempersiapkan makan malam untuk semua regu.

Kegiatan malam pada hari pertama yaitu jerit malam yang dilaksanakan setelah ibahah sholat Isya dan makan malam semua peserta kemah yang di bagi antar regu wajib ikut jerit malam yang harapannya kekompakan antar regu dan mental semua peserta kemah bisa tebina dengan baik, setelah rangkaian kegiatan selesai pada jam 23.30 peserta kemah istirahat dan pada jam 03.00 semua peserta kemah di bangunkan untuk melaksanakan sholat tahajud dilanjutkan sholat subuh.

Hari kedua dipagi hari semua peserta kemah dikumpulkan dilapangan untuk melaksanakan senam kebugaran yang dipimpin oleh guru olah raga Hassan Munawar Al Handry, S.Pd. sehingga badan terasa segar dan siap melaksanakan kegiatan pada hari kedua. Setelah melaksanakan senam para peserta kasih waktu sampai jam 08.00 untuk mandi, masak, sarapan pagi, kemudian setelah itu ada apel pagi dilanjutkan jelajah medan. Untuk kegiatan ini setiap regu berjalan mengikuti tanda dan arah yang sudah di siapkan pemandu HW dan Dewan Pengenal sehingga akan sampai pada setiap POS dan setiap POS ada Game – game yang melatih kekompakan antar regu. Setelah semua regu selesai melewati tujuh POS dalam jelajah medan para peserta diinstruksikan untuk melaksanakan sholat duhur dan masak makan siang sehingga kegiatan perlombaan akan di mulai Kembali pada jam 14.00. setelah semua siap maka kegiatan kemah dilanjutkan perlombaan – perlombaan yang di pandu langsung oleh dewan pengenal, ada berbagai macam perlombaan yaitu estafet keleren, memasukin paku kebotol antar regu, estafet saruh, dll. Kegiatan berakhir pada sore hari kemudian para peserta kemah di arahkan untuk mandi, masak untuk makan malam. Para peserta kemah melaksanakan sholat maghrib dilanjut sholah Isya yang di pandu oleh bapak Mohammad Jakfar, M.Pd.I.
Kegiatan malam pada hari kedua ini yaitu upacara api unggun, setelah semua peserta kumpul dilapangan yang di komando dewan pengenal upacara api unggun siap dilaksanakan, kemudian Pembina upacara api unggun ini Badrudin ARK, S.Ag.,M.S.I. menyampaikan sebuah nasihat yang sangat menyentuh hati,”kobarkan semangat juang yang ada pada jiwa semua siswa sebagaimana kobaran api unggun yang berkobar menyala sehingga menerangi sekitar”.

Pagi Hari pada hari ketiga yaitu di awali senam pagi kemudian dilanjut kegitan memasak mandi dan sarapan pagi, kemudian di lanjutkan apel padi dan perlombaan terakhir yaitu lomba PBB antar kelas, kemudian di lanjutkan upacara penutupan yang di pimpin oleh Saryanto, S.Pd. dan berakhirlah rangkaian kemah besar kelas VII MTs Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. (EkaS)