Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Himatemia Gelar Grand Seminar Nasional tentang Energi Terbarukan

Himatemia Gelar Grand Seminar Nasional tentang Energi Terbarukan

(Unila): Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatemia) Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung (Unila) sukses menggelar grand seminar bertajuk “Peluang Karier, Implementasi Teknologi, dan Energi Terbarukan untuk Mencapai Kepentingan Nasional”.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Excess (Explosion of Chemical Engineering Study Activities) yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Unila pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Grand seminar nasional ini dihadiri ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Panitia seminar ini menghadirkan dua narasumber profesional berpengalaman di bidang energi dan karier, yaitu Trois Dilisusendi, S.T., M.E., selaku Koordinator Investasi dan Kerja Sama Bioenergi, Ditjen EBTKE (Energi Baru Terbarukan Konsumsi Energi) dan Vina Muliana, S.P., M.Ikom., BUMN Career Professional sekaligus content creator.

Dalam seminar ini, Trois Dilisusendi memaparkan tentang potensi dan tantangan pengembangan energi terbarukan di Indonesia, khususnya bioenergi.

Seminar ini dibuka Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Provinsi Lampung Drs. Intizam, yang mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi Himatemia Unila yang telah menyelenggarakan acara ini sebagai wadah untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi mahasiswa teknik kimia.

Ia juga berharap acara ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan mendorong para mahasiswa untuk berkontribusi di berbagai aspek penting dalam pembangunan nasional.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik Dr. Eng. Ageng Sadnowo Repelianto, S.T., M.T., juga menyampaikan sambutan dalam acara ini. Ia mengatakan, seminar nasional ini sangat relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.

Ia menekankan pentingnya mahasiswa teknik kimia untuk mempelajari dan mengaplikasikan ilmu tentang energi terbarukan sebagai solusi untuk mengatasi masalah lingkungan dan krisis energi.

Dengan hadirnya dua narasumber profesional ini diharapkan dapat meningkatkan keinginan peserta untuk berkontribusi terhadap inovasi teknologi dalam penggunaan energi sekaligus menjadi motivasi untuk memiliki persiapan lebih matang berkarir di masa mendatang.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Ketua Jurusan Teknik Kimia Unila Yuli Darni, S.T., M.T., Pembina Himatemia Donny Lesmana, S.T., M.Sc., dan para dosen Teknik Kimia yang hadir dalam acara tersebut. Seminar ini juga menjadi ajang pengumuman pemenang lomba yang telah berlangsung sehari sebelumnya. *

[Reporter: Magang_Christina Febiola Sinaga / Editor: Siti Nuryani]