Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melakukan academic writing workshop bagi dosen

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melakukan academic writing workshop bagi dosen

uin-suska.ac.id – Dalam rangka peningkatan kapasitas dosen, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melakukan academic writing workshop bagi dosen bekerjasama dengan Regional English Language Office (RELO) US Embassy (Kedutaan Amerika). Program ini akan berlansung selama tiga bulan ke depan dimulai dari tanggal 29 Mei 2023 hingga 18 Agustus 2023. Kegiatan ini dilakukan secara virtual dari Senin hingga Kamis setiap minggu dengan durasi 2 jam 30 menit per tatap muka. Pesertanya adalah 20 orang dosen yang terpilih dari berbagai fakultas di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Workshop ini diampu oleh Kathleen Sheridan, dosen pada Columbia University dan memiliki pengalaman luar biasa dalam mengajar English for Academic Purposes di berbagai negara seperti Cina dan Senegal.

Wakil Rektor bidang Akademik dan pengembangan Lembaga, Prof. Dr. Hj. Helmiati, M.Ag. dalam sambutannya pada pembukaan acara pada Senin, 29 Mei 2023 menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang terpilih. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada manajemen RELO US Embassy yang kembali memberikan kepercayaan kepada Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau untuk menerima project capacity building bagi dosen. Ini kali kedua Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau mendapatkan project yang dibiayai oleh RELO. Alhamdulillah para alumni program dengan RELO yang pertama memperlihatkan prestasi akademik mereka seperti publikasi, presentasi artikel pada forum-forum ilmiah termasuk beberapa di antaranya bisa melanjutkan studi S3 ke luar negeri. Saat ini hanya Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan Universitas Indonesia (UI) yang mendapatkan project ini dari US Embassy. Untuk itu, Prof Helmiati menghimbau kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Ia menambahkan: “Workshop ini dimaksudkan selain untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam berbahasa Inggris juga untuk meningkal academic writing skill dan mempublikasikannya pada jurnal internasional atau jurnal nasional yang bereputasi, serta meningkatkan kemampuan dosen dalam membangun jaringan riset global”.
Demikian dikatakan Prof. Helmiati yang juga Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga dalam Akhir sambutanya.

Sumber : Humas