Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Profesi NERS Ke-18 FK ULM

Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Profesi NERS Ke-18 FK ULM

Banjarbaru – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar Sidang Senat Terbuka Universitas dengan agenda Pengukuhan Profesi Ners angkatan 18 Fakultas Kedokteran ULM pada Kamis (25/5/2023) di Aula FK ULM Banjarbaru. Sebanyak 30 orang dikukuhkan sebagai ners berdasarkan SK Rektor ULM Nomor 523/UN8/SP/2023 tentang Kelulusan Mahasiswa Program Pendidikan dan Profesi Ners FK ULM.

Pengambilan sumpah dan pengukuhan dilakukan secara langsung oleh Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si., disaksikan oleh Dekan FK ULM, Ketua Senat FK ULM, serta perwakilan Direktur RSUD Ulin Banjarmasin dan perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.

Dekan FK ULM, Dr. dr. Istiana, M.Kes menyampaikan, pada pelantikan kali ini, di antara 30 ners yang dilantik, sebanyak 15 di antaranya meraih nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.00 dengan total persentase kelulusan uji kompetensi ners sebesar 97%.

Wakil Direktur Bidang SDM RSUD Ulin, Thaufik Hidayat, S.Sos., yang hadir mewakili Direktur RSUD Ulin menyampaikan selamat kepada ners baru yang dilantik. Beliau juga berpesan agar kelak nantinya ketika bekerja sebagai perawat, adalah penting untuk memperhatikan etika dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan serta.

“Di era keterbukaan informasi saat ini, masyarakat menjadi semakin kritis sehingga tenaga kesehatan untuk lebih sabar dan telaten dalam memberikan pelayanan kesehatan, mulai dari pemberian informasi hingga tindakan,” tutur beliau.

RSUD Ulin Banjarmasin sendiri telah menjadi rekan FK ULM dalam pelaksanaan pengajaran dan praktikum bagi calon-calon perawat yang melakukan studi di FK ULM.

Rektor ULM, Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si., pada momen ini berkesempatan untuk menyampaikan sambutan sekaligus nasihat kepada para ners baru. Pengambilan sumpah dan pengukuhan merupakan titik akhir perjuangan untuk menyelesaikan pendidikan profesi di FK ULM, namun juga titik awal perjuangan perjuangan mereka untuk menghadapi tantangan yang jauh lebih berat.

“Tantangan yang akan Anda hadapi adalah ketika Anda kembali ke masyarakat, tentu kalian harus mempersiapkan diri menjadi lebih kompetitif di mana akan banyak pesaing yang dihadapi dalam memperebutkan lapangan kerja,” tutur beliau.

Rektor juga berpesan agar alumni tidak berhenti untuk menjadi pembelajar.

“Kalian harus berusaha membudayakan bagaimana agar tetap belajar meskipun telah meninggalkan kampus dan menjadi alumni,” tutur Rektor.

Untuk mendukung semangat belajar alumni, Rektor juga menyampaikan bahwa ULM memberikan beasiswa berupa potongan biaya SPP bagi alumni yang berprestasi. Bagi alumni terbaik dengan nilai sempurna 4.00 akan dibebaskan biaya SPP selama 1 semester, dan semester berikutnya mendapat potongan 50%.

“Ners yang disumpah hari ini, jagalah nama baik ULM di masyarakat. Tanggung jawab kalian bagaikan sinar mentari di tengah masyarakat. Tunjukkan keteladanan dalam kehidupan bermasyarakat saat sudah kembali dan mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ucap beliau.