Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Lima Prodi PSDKU Unpad Punya Banyak Peluang Kerja di Masa Depan

Lima Prodi PSDKU Unpad Punya Banyak Peluang Kerja di Masa Depan

[Kanal Media Unpad] Para Ketua Program Studi PSDKU Universitas Padjadjaran di Pangandaran menyampaikan informasi tentang program studinya ke sejumlah pelajar dan guru di Kabupaten Pangandaran. Acara sosialisasi ini diselenggarakan di Kampus PSDKU Unpad Pangandaran, Jumat (26/5/2023) dan Sabtu (27/5/2023).

Ketua Prodi Administrasi Bisnis PSDKU Unpad Dr. Iwan Sukoco, M.Si. mengatakan bahwa program studi Admiinistrasi Bisnis sangat tepat bagi mahasiswa yang tertarik untuk menjadi pengusaha sukses. Program studi ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengembangkan bisnisnya.

Proses pembelajaran pun sudah terfasilitasi dengan baik termasuk dengan penerapan teknologi. Berbagai fasilitas disediakan untuk kenyamanan mahasiswa.

“Kalau Anda memilih Administrasi Bisnis PSDKU Unpad, berarti Anda tidak salah pilih. Masa depannya cerah,” ujar Iwan.

Sementara itu, Ketua Prodi Peternakan PSDKU Unpad Dr. Ir. Hendi Setiyatwan, M.Si., mengatakan bahwa ilmu peternakan memiliki potensi besar di Indonesia. Lulusan prodi ini pun berpotensi untuk bekerja di berbagai bidang.

“Kami memandang peternakan itu sebagai industri,” ujar Hendi.

Dikatakan Hendi, sejumlah negara maju sudah banyak yang mengusahakan industri peternakan. Peternakan akan menjadi komoditas unggulan karena bernilai tinggi.

Selanjutnya, Kaprodi Ilmu Komunikasi PSDKU Unpad Dr. Ilham Gemiharto, S.Sos., M.Si. mengatakan bahwa ilmu komunkasi saat ini terus berkembang pesat. Profesi yang dihasilkan dari ilmu ini pun sangat beragam.

“Prodi-prodi yang ada di PSDKU ini adalah prodi-prodi pilihan terbaik dan sesuai dengan kebutuhan dari wilayah Pangandaran dan sekitarnya,” kata Ilham.

Di bidang kesehatan, PSDKU Unpad memiliki program studi Keperawatan. Ketua Prodi Keperawatan PSDKU Unpad Dr. Siti Yuyun Rahayu Fitri, S.Kp., M.Si. mengungkapkan bahwa prodi Keperawatan PSDKU dan Jatinangor memiliki kurikulum yang hampir sama.

“Ada sekitar 80 persen kurikulum inti itu sama, karena kita nanti meluluskan menjadi seorang perawat profesional,” ujar Yuyun.

Karena berada di Pangandaran, prodi Keperawatan PSDKU Unpad memiliki amanat untuk mengembangkan daerah ini. Berada di daerah pariwisata, maka pendidikan lebih menekankan pada keperawatan pariwisata.

“Karena kita di wilayah pariwisata, maka keunggulan kita berbeda dengan yang di Jatinangor. Kita lebih menekankan pada keperawatan pariwisata, bagaimana aspek kesehatan di wilayah pariwisata,” ungkap Yuyun.

Ketua Prodi Perikanan PSDKU Unpad Alexander M. A. Khan, S.Pi., M.Si., Ph.D menjelaskan bahwa pendidikan program studi ini juga tidak jauh berbeda dengan program studi Perikanan yang ada di Jatinangor. Lokasi pembelajaran Prodi Perikanan PSDKU yang dekat dengan pesisir pantai membuat pendidikan relevan untuk berfokus pada perikanan dan kelautan tropis.

Selain ada penambahan sejumlah mata kuliah dibandingkan prodi Perikanan Jatinangor, program studi ini juga memiliki berbagai aktivitas lapangan termasuk di laboratorium lapangan berupa Keramba Jaring Apung.

“Teman-teman mahasiswa bukan hanya berada di laboratorium dalam ruangan, tapi kita juga mengajak mahasiswa untuk langsung merasakan in situ analysis, jadi analisis yang di lakukan di lapangan langsung,” ungkap Alex.

Informasi mengenai pendaftaran PSDKU Unpad dapat dilihat di laman https://smup.unpad.ac.id/.

Acara sosialisasi tersebut juga dihadiri Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, M.Sc., PhD, Kepala Kantor PSDKU Unpad Dr. Bambang Hermanto, M.Si., dan Kepala Kantor Pendidikan Vokasi Dina Sartika, S.E., M.Si., PhD. (arm)*