Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

UNJA Publisher LPPM Adakan Sharing Session Tata Kelola Jurnal Tingkat Universitas

UNJA Publisher LPPM Adakan Sharing Session Tata Kelola Jurnal Tingkat Universitas

MENDALO,- Dalam rangka peningkatan Akreditasi Jurnal di lingkungan Universitas Jambi, UNJA PUBLISHER Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNJA mengadakan kegiatan sharing session bersama narasumber Prof. Dr. Irwansyah, S.H., M.H., yang merupakan Asesor Akreditasi Jurnal Nasional, Penasehat APJHI, dan  Editor in Chief Halrev (Scopus Q2). Rabu, 24 Mei 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si., (Wakil Rektor Bidang Akademik). Beliau menyampaikan bahwa pengelola jurnal di lingkungan Universitas Jambi harus secara serius dan konsisten di dalam mengelola jurnal.

“Para pengelola jurnal di lingkungan Universitas Jambi harus secara serius dan konsisten di dalam mengelola jurnal, apa lagi saat ini peningkatan akreditasi jurnal merupakan hal yang wajib untuk dilakukan agar semua jurnal yang ada di Universitas Jambi memberikan dampak positif terhadap peningkatan Sinta Score Universitas Jambi,” ujar Prof. Kamid.

Lebih lanjut, Dr. Drs. Jodion Siburian, M.Si. selaku Sekretaris LPPM UNJA menyampaikan bahwa UNJA PUBLISHER telah merancang 7 (tujuh) agenda kegiatan.

“UNJA PUBLISHER telah merancang 7 (tujuh) agenda kegiatan, yang tujuannya adalah untuk memberikan rangsangan yang positif kepada para pengelola jurnal tingkat Universitas Jambi agar dapat meningkatkan akreditasi jurnal yang sudah ada saat ini,” tuturnya.

Perlu diketahui bahwa saat ini Universitas Jambi memiliki 122 Jurnal, dengan rincian Sinta 2 (4 Jurnal), Sinta 3 (3 Jurnal), Sinta 4 (13 Jurnal), Sinta 5 (11 Jurnal), dan 2 jurnal pada Sinta 6. Maka diperlukan strategi peningkatan akreditasi jurnal agae mampu meningkatkan IKU Universitas Jambi.

Prof. Irwansyah menyampaikan bahwa dalam pengelolaan jurnal diperlukan konsistensi yang baik dan tidak membuka jaringan antara para pengelola jurnal yang ada, dampak positif dari pengelolaan jurnal yang baik salah satunya adalah dapat menulis dan menyusun kalimat dengan sistematis dan sesuai dengan pedoman penulisan.

HUMAS / * ist