Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Dorong Peningkatan Kualitas SDM dan Perekonomian, ULM Teken MoU Bersama BPKP Kalsel

Dorong Peningkatan Kualitas SDM dan Perekonomian, ULM Teken MoU Bersama BPKP Kalsel

Kabupaten Banjar – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan pada hari Jumat (26/5/2023) di Bukit Suharto Tahura Sultan Adam, Kabupaten Banjar.

MoU tersebut ditandatangani langsung oleh Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si., dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan, Rudy M. Harahap dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT BPKP ke-40. Melalui MoU bersama BPKP Provinsi Kalsel, ULM bertujuan untuk dapat memperkuat tata kelolanya sebagai perguruan tinggi negeri di Kalsel.

Adapun ruang lingkup MoU antara ULM dengan BPKP di antaranya meliputi:

  • Pemberian jasa asurans dan/atau konsultansi terkait pengendalian intern, tata kelola Badan Layanan Umum dan manajemen risiko dalam mendukung perwujudan Good Agency Governance (GAG) pada Universitas Lambung Mangkurat;
  • Pemberian jasa asurans dan/atau konsultansi terkait Pengendalian Kecurangan/Fraud Control Plan (FCP) dan Coaching Clinic Pengawasan Bidang Investigasi (CCPBI) bagi Satuan Pengawasan lntern (SPI);
  • Percepatan penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan;
  • Peningkatan kompetensi Satuan Pengawasan lntern (SPI) pada Universitas Lambung Mangkurat; dan
  • Penugasan lainnya yang disepakati bersama.

Selain itu, kerjasama yang dilakukan antara ULM dan BPKP juga terkait dengan upaya kolaborasi dalam rangka meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) di Kalimantan Selatan. Hal ini disampaikan oleh Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si, dalam sambutannya. “ULM tentu menyambut baik harapan pemerintah Republik Indonesia, di mana ULM sebagai PTN berperan dalam meningkatkan kualitas SDM dan daya saing nasional dan internasional dalam rangka meningkatkan kinerja perekonomian Kalsel,” ucap Rektor.

Dalam kesempatan ini, Rektor memperkenalkan Inkubator Bisnis yang dimiliki ULM. Melalui inkubator bisnis yang dimiliki, ULM dapat melakukan penguatan, manfaat, serta daya dorong ekonomi dan produk-produk lokal agar bisa membangun sinergi yang lebih kuat dengan pemerintah daerah Kalsel untuk mewujudkan penguatan dan peningkatan indeks industri di Kalsel.