Selasa, 16 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa KKN T Siap Wujudkan Umsida Maju Bersama Persyarikatan

Mahasiswa KKN T Siap Wujudkan Umsida Maju Bersama Persyarikatan

Umsida.ac.id-Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersinergi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Sidoarjo untuk mewujudkan program Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN T) Tahun 2023.

Kerjasama Umsida dengan PDM dan PDA ini merupakan salah satu wujud Umsida untuk maju bersama persyarikatan seperti yang disampaikan Rektor Umsida Dr Hidayatullah MSi dalam pembukaan KKN T Kamis (25/05/2023).

“Kami ucapkan terima kasih pada PDM dan PDA Sidoarjo yang tahun ini melanjutklan sinergi kita dalam memberikan kesempatan mahasiswa Umsida untuk menjalankan salah satu catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk KKN. Hal ini adalah bentuk implementasi kami sesuai dengan yang sering kami sampaikan dibanyak kesempatan Umsida maju bersama Persyarikatan ,” ungkapnya.

Rektor Umsida menceritakan bagaimana KH Ahmad Dahlan dengan spirit perjuangan mengabdi bahkan sebelum Muhammadiyah dideklarasikan pada tahun 1912.

“Maknanya sejak dulu di awal kelahirannya sampai hari ini dan seterusnya Muhamamdiyah hadir memang untuk mengabdikan dirinya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lahir dan batin,” ungkapnya

Dr Hidayatullah juga meningkatkan semangat mahasiswa agar lebih bermanfaat bagi masyarakat maupun persyarikatan. Karena tujuan meningkatkan kesejahteraan tidak hanya bisa dilakukan oleh majelis dan lembaganya saja tetapi hal ini juga bisa dilakukan Umsida melalui mahasiswa yang kali ini terjun langsung mengabdikan diri dan menebar manfaat dilingkungan PDM dan PDA Sidoarjo.

Kerjasama yang dijalin ini bertujuan untuk saling menyokong demi memajukan Umsida maupun persyarikatan ditingkat daerah, cabang dan ranting Muhammadiyah di wilayah Sidoarjo. Niat baik Umsida ini disambut baik oleh Ketua PDM Sidoarjo Prof Dr A Dzoul Milal MPd dan Ketua PDA Sidoarjo Siti Zubaidah Syafii SAg.

“Terima kasih Umsida yang sudah mempercayai ranting baik Muhammadiyah maupun Aisyiyah untuk menjadi tempat proses pembelajaran dengan cara memberikan pengabdian kepada masyarakat.Saya yakin mahasiswa yang KKN di ranting Muhammadiyah Aisyiyah pasti akan melakukan sesuatu yang memberikan dampak dan inisiasi untuk program tertentu,” ungkap Ketua PDM Sidoarjo yang akrab disapa Prof Milal.

Prof Milal juga memberikan salah satu contoh program yang bisa dikembangkan mahasiswa adalah mengenai kegiatan yang berkaitan dengan Lazismu agar bisa berjalan dan lebih luas lagi. Kemudian setelah masa KKN mahasiswa berakhir Prof Milal berharap database zakat yang telah dibuat mahasiswa agar dilanjutkan oleh ranting sehingga Lazismu di wilayah ranting dapat memiliki banyak program.

Ketua PDM itu juga menyampaikan kepada ranting agar memfasilitasi dan menerima mahasiswa KKN T Umsida dengan sepenuh hati.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PDA Sidoarjo Siti Zubaidah Syafii SAg juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Umsida kepada Aisyiyah untuk yang kedua kalinya dan kali kedua ini Umsida tidak hanya menggandeng PDA melainkan juga bersinergi bersama PDM.

“Alhamdulillah terima kasih Rektor Umsida yang telah percaya kepada Aisyiyah dan Alhamdulillah kali ini Muhammadiyah dan Aisyiyah bisa bersinergi,” ungkapnya.

Siti Zubaidah juga berharap Umsida akan semakin berkembang dan jumlah mahasiswa yang meningkat sehingga kedepannya 157 ranting aisyiyah bisa disinggahi mahasiswa KKN Umsida. “Kalo bisa setelah KKN mahasiswa bisa membuat sesuatu yang membanggakan. Nanti bisa diliat jika ada ranting yang berpotensi menjadi contohnya tempat wisata kami siap bekerja bersama dan nanti alhamdulillah jika bisa dilanjutkan oleh Muhammadiyah dan Aisyiyah,” tuturnya.

 

Penulis: Rani Syahda Hanifa

Editor: Adji