Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Kegiatan “Remahan” Tingkatkan Kapasitas Mahasiswa

Kegiatan “Remahan” Tingkatkan Kapasitas Mahasiswa

Kegiatan pembelajaran di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Ujian Tengah Semester (UTS) merupakan salah satu momentum menegangkan bagi mahasiswa. Hal ini lantaran terdapat beberapa materi yang dianggap sulit untuk dipahami, terutama yang berkaitan dengan statistika. Belum lagi, mata kuliah berkelanjutan seperti Biomedik yang memiliki banyak cakupan materi.

Guna meningkatkan kesiapan mahasiswa, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan kegiatan review materi perkuliahan (Remahan) pada 21 Mei dan 23 Mei 2023 secara daring melalui Google Meeting. Kegiatan ini menjadi salah satu program kerja unggulan dari bidang Riset Pengembangan Keilmuan (RPK) IMM FKM UAD.

Acara ini diikuti lebih dari 100-an peserta. Dalam kesempatan tersebut, IMM FKM UAD menghadirkan drh. Asep Rustiawan, M.Si. sebagai tutor materi Biomedik 3 dan Erni Gustina, S.K.M., M.P.H. sebagai tutor materi Biostatistik Inferensial.

Asep mengaku sangat mengapresiasi kinerja IMM FKM karena telah membuat kegiatan yang dapat meningkatkan kapasitas mahasiswa. “Saya senang jika ada acara positif seperti ini, mahasiswa bisa difasilitasi untuk memahami materi perkuliahan dengan baik langsung bersama dosen yang bersangkutan. Saya rasa, panitia perlu kirim nama dan nomor induk mahasiswa (NIM) peserta agar nanti bisa saya beri nilai plus,” tuturnya saat menyampaikan materi.

Putri Septiana, salah satu peserta kegiatan Remahan juga mengaku sangat senang karena telah difasilitasi oleh ormawa untuk menghadapi UTS dengan matang.

“Remahan menjadi wadah bagus bagi mahasiswa dan pelaksanaannya juga tepat waktu. Tentor yang dihadirkan langsung dari dosen pengampu mata kuliah sesuai kebutuhan mahasiswa sehingga lebih fresh dan mudah dipahami. Terima kasih sudah memberi fasilitas ini, saya mewakili peserta sangat senang. Semoga nilai UTS kami memuaskan, amin,” pungkasnya saat diwawancarai. (ish)

uad.ac.id