Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

HUT KE-46, SMP NEGERI 4 PAKEM SEMAKIN PEDULI LINGKUNGAN

HUT KE-46, SMP NEGERI 4 PAKEM SEMAKIN PEDULI LINGKUNGAN

Perayaan HUT ke-46 SMPN 4 Pakem semarak dilaksanakan pada hari Sabtu (20/05/2023) dengan berbagai kegiatan yang menunjang program sekolah adiwiyata. Acara ini dimulai pada pukul 07.00 sampai dengan 12.20 WIB. Dimulai dengan jalan sehat, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan adiwiyata, Fun Games, tumpengan, doa bersama, dan diakhiri dengan penutupan.

Gambar aksi memungut sampah

Diawali dengan acara jalan sehat yang diikuti oleh seluruh warga SMPN 4 Pakem. Acara ini dilaksanakan dari jam 07.00 WIB sampai dengan jam 08.00 WIB. Pada acara ini, para warga SMPN 4 Pakem tak hanya berjalan saja, namun juga melakukan aksi pemungutan sampah terutama sampah plastik. Sambil berjalan, setiap kelas membawa 1 kantong plastik besar/trashbag untuk menaruh sampah yang diambil.

Tiba di sekolah, seluruh waga sekolah mengambil jus buah yang telah disediakan dan mengkonsumsinya secara bersama-sama. Usai acara jalan sehat, para siswa akan melanjutkan dengan kegiatan Adiwiyata dengan bersih lingkungan Setiap kelas akan membersihkan ruangan yang sudah ditentukan. Serta, setiap nomor absen juga akan melaksanakan tugas sesuai pokjanya masing-masing. Selain itu, dilaksanakan pula penyerahan bibit tanaman kepada warga sekitar sekolah yang dilakukan oleh 10 orang dari pokja tanaman yang didampingi Ibu Ninik.

Gambar penyerahan bibit tenaman kepada warga sekitar

Untuk memeriahkan perayaan ulang tahun ke-46 ini, diadakan juga kegiatan Fun Games atau Game yang Asyik. Fun Games ini meliputi permainan gobak sodor, memasukkan paku ke dalam botol, estafet balon, serta tarik tambang. Usai kegiatan Fun Games, dilanjutkan dengan tumpengan dan doa bersama. Acara ini sekaligus menjadi puncak acara dari perayaan HUT SMPN 4 Pakem ke-46. Acara ini bertempatkan di GOR Diponegoro.

Foto saat Fun Games Permainan Gobak Sodor Putri

Acara perayaan HUT ini dibuka oleh Kak Chaca dan Kak Damar yang sekaligus menjadi MC di kegiatan ini. Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan sejarah berdirinya SMPN 4 Pakem oleh Pak Bagas, dan sambutan oleh Pak Ponidi selaku Kepala Sekolah SMPN 4 Pakem. Selanjutnya, sebelum acara “tumpengan” dimulai, diadakan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Pak Murtandlo, guru agama Islam di SMPN 4 Pakem. Setelah itu, acara tumpengan pun dimulai, Pak Ponidi akan memotong bagian atas dari “tumpeng” atau nasi kuning yang dibentuk kerucut yang menyerupai gunung. Setelah dipotong, bagian atas tumpeng tersebut nantinya akan diberikan kepada Ibu Yuni yang sudah mengabdi paling lama di SMPN 4 Pakem sebagai bentuk penghormatan. Setelah acara pemotongan “tumpeng” selesai, para warga SMPN 4 Pakem mendapatkan nasi kuning bungkus yang nantinya akan dimakan bersama-sama sebagai bentuk perayaan sekaligus syukuran ulang tahun SMPN 4 Pakem ke-46.

Kepala Sekolah, Bapak Ponidi, S.Pd memberikan potongan tumpeng kepada Bu Yuni

Yang menarik, nasi kuning yang diterima oleh warga sekolah dibungkus menggunakan daun. Air minum juga disediakan oleh sekolah, tetapi para siswa membawa tumbler sendiri. Hal ini merupakan upaya serius yang dilakukan oleh SMP Negeri 4 Pakem untuk mengurangi sampah.

Terakhir, sembari makan bersama, acara ini ditutup dengan penampilan oleh Kak Damar, Kak Zahwa, dan Aya yang membawakan beberapa lagu untuk memeriahkan acara ini. Tak lupa, para warga SMPN 4 Pakem juga diingatkan untuk membuang bungkus nasi kuning pada tempatnya dan senantiasa menjaga kebersihan. Dirgahayu SMP Negeri 4 Pakem, “Tua-tua keladi, makin tua berprestasi”. (Valya/HOF)